Megawati, Lilik (2017) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Upaya Mempertahankan Kepercayaan Konsumen Dalam Jual Beli Furniture di Industri “Meubel UD. HS” Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Lilik Megawati_083 122 102.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dalam era globalisasi saat ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik di pasar domestik (nasional) maupun di pasar internasional. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada para konsumennya. Oleh karena itu alternatif yang lebih baik adalah melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan kepercayaan konsumen yang sudah ada maupun yang baru, dengan upaya-upaya untuk meningkatkan kesetiaan konsumen Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya “Meubel UD.HS” dalam menjaga kualitas produk untuk mempertahankan kepercayaan konsumen?, (2) Bagaimana upaya “Meubel UD.HS” dalam menjaga kualitas layanan untuk mempertahankan kepercayaan konsumen? dan (3) Bagaimana pandangan etika bisnis islam terhadap upaya “Meubel UD.HS” untuk mempertahankan kepercayaan konsumen? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya “Meubel UD.HS” dalam menjaga kualitas produk untuk mempertahankan kepercayaan konsumen, (2) Untuk mendeskripsikan upaya “Meubel UD.HS” dalam menjaga kualitas layanan untuk mempertahankan kepercayaan konsumen dan (3) Untuk mendeskripsikan pandangan etika bisnis islam terhadap upaya “Meubel UD.HS” untuk mempertahankan kepercayaan konsumen. Pendekatan yang digunakan penulis adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu mencari data secara langsung ke lapangan untuk melihat dari dekat objek yang akan diteliti. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah : metode wawancara, observasi, dan dokumenter. Langkah-langkah dalam analisis data antra lain: Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan/ Verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka kesimpulan dari skripsi ini adalah : (1) Untuk mempertahankan kepercayaan konsumen upaya yang dilakukan Industri Meubel UD. HS Bondowoso adalah menjaga kualitas produk yang dihasilkannya, di antaranya adalah fitur, mutu kinerja, mutu kesesuaian barang yang dipesan oleh pembeli, hasil produk memiliki daya tahan yang tinggi, mudah diperbaiki tatkala mengalami kerusakan serta memiliki nilai gaya yang tinggi (2) Meubel UD. HS telah berupaya menjaga kualitas layanan untuk mempertahankan kepercayaan konsumen, dimana Industri Meubel UD. HS Bondowoso selalu mengedepankan kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan pelanggan, konsultasi pelanggan dan selalu memberikan garansi dan (3) Berdasarkan etika bisnis Islam Meubel UD. HS telah menjalankan usaha sesuai dengan etika bisnis Islam guna mempertahankan kepercayaan konsumen dengan cara memberikan produk yang baik, halal, bermanfaat, menjunjung tinggi kejujuran, amanah, keterbukaan dan keadilan, ketepatan waktu dan kualitas, pemaaf dan sabar, serta kasih dan sayang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 08:51 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 08:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20190 |
Actions (login required)
View Item |