Analisis Audit Internal Keuangan Bank Perkreditan Rakyat (Studi Atas Proses Audit Bank Perkreditan Rakyat Anugrah Dharma Yuwana Tahun 2017)

Pratama, Maylady Nanda (2018) Analisis Audit Internal Keuangan Bank Perkreditan Rakyat (Studi Atas Proses Audit Bank Perkreditan Rakyat Anugrah Dharma Yuwana Tahun 2017). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maylady Nanda Pratama_083143277.pdf

Download (4MB)

Abstract

Audit internal adalah suatu fungsi penilaian independen yang dibuat perusahaan dengan tujuan untuk menguji dan mengevaluasi berbagai kegiatan yang dilaksanakan perusahaan. Sedangkan tujuan dilaksanakannya audit internal adalah untuk memperbaiki kinerja dengancara membantu karyawan perusahaan agar mereka dapat melaksanakan tanggung jawabnya secara efektif. Dengan demikian manajemen perlu berhati-hati terhadap kemungkinan timbulnya kecurangan yang mungkin terjadi di perusahaan yang dikelolanya. Untuk mengatasi timbulnya kecurangan, audit internal diperlukan keberadaannya di dalam perusahaan, yang bertugas untuk mengevaluasi suatu sistem dan prosedur yang telah disusun secara benar dan sistematis serta apakah telah diimplementasikan secara benar, melalui pengamatan, penelitian, dan pemeriksaan atas pelaksanaan tugas yang telah didelegasikan di setiap unit kerja perusahaan. Oleh karena itu, perlu adanya audit operasional dan audit keuangan perbankan agar meminimalisir terjadinya kecuranga-kecurangan atau kesalahan dari beberapa pihak yang nantinya akan merugikan pihak Bank Perkreditan Rakyat Anugerah Dharma Yuwana Jember. Fokus penelitian diantaranya; 1) Bagaimana proses audit internal keuangan Bank Perkreditan Rakyat Anugerah Dharma Yuwana Kab. Jember pada tahun 2017 ? 2) Apa Faktor-faktor yang mempengaruhi proses audit internal keuangan Bank Perkreditan Rakyat Anugerah Dharma Yuwana Kab. Jember pada tahun 2017 ? Tujuan penelitian sebagai berikut : Mendeskripsikan proses audit internal keuangan Bank Perkreditan Rakyat Anugrah Dharma Yuwana kab Jember pada tahun 2017. Mendeskripsikan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi proses audit internal keuangan Bank Perkreditan Rakyat Anugrah Dharma Yuwana kab Jember pada tahun 2017 Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), maka pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif dengan teknik nonprobability sampling dengan cara snowball sampling Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: proses Audit Internal diawali dengan perencanaan audit, pelaksanaan audit dilakukan dengan cara pemeriksaan langsung dan analisa dokumen, kemudian membuat analisis dan penilaian dibidang keuangan / akuntansi , operasional dan kegiatan lainnya. Dari hasil analisis dan penilaian tsb kemudian mengidentifikasi segala kemungkinan untuk memperbaiki dan meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya dan dana Bank Perkreditan Rakyat Anugerah Dharma Yuwana kab. Jember. Faktorfaktor Pendukung dalam proses audit internal keuangan adalah: Kemudahan dalam mengakses data, yang meliputi ketersediaan data yang mendukung dan terarsip rapi Petugas yang open dalam menyampaikan data dan informasi,Top management yang support terhadap pelaksanaan sistem pengendalian inten,faktor penghambat : Core banking system yang kurang support, Adanya budaya kolusi antar personal Keynote: Audit Internal, Keuangan Bank

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:52
Last Modified: 14 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20197

Actions (login required)

View Item View Item