Sakinah, Norma Hidayatus (2017) Analisis Atribut Transportasi Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Transportasi Bus Akas Mila Sejahtera Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Norma Hidayatus Sakinah_083 134 020.pdf Download (9MB) |
Abstract
Sebagai salah satu sarana transportasi yang menghubungkan antar kota dan antar provinsi Akas memiliki peran yang sangat penting bagi terciptanya kelancaran transportasi. Mila sejahtera merupakan armada bus yang istimewa dibentuk oleh gabungan ke-empat perusahaan otobus AKAS (Ali Karman Amat Sekeluarga) yaitu AKAS I, AKAS II, AKAS III, AKAS IV. Mila sejahtera tergolong masih baru, tetapi perkembangannya signifikan terbukti dengan banyaknya armada dan rute perjalanan. Oleh karena itu, perusahaan bus berlomba-lomba menarik minat para konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik. Atribut yang digunakan ada 3 (tiga) meliputi fasilitas, tarif dan kondisi. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Adakah pengaruh atribut transportasi secara parsial terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa transportasi bus Akas Mila Sejahtera Probolinggo? (2) Adakah pengaruh atribut transportasi secara simultan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa transportasi bus Akas Mila Sejahtera Probolinggo? (3) Berapa besar pengaruh fasilitas, tarif dan kondisi terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa transportasi bus Akas Mila Sejahtera Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut transportasi secara parsial terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa tranportasi bus Akas Mila Sejahtera Probolinggo. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut transportasi secara simultan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa tranportasi bus Akas Mila Sejahtera Probolinggo. (3) untuk mengetahu seberapa besar pengaruh fasilitas, tarif dan kondisi terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa transportasi bus Akas Mila Sejahtera Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (Penelitian Lapangan). Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah pemakai jasa atau konsumen bus kelas ekonomi PO Akas Mila Sejahtera Probolinggo yang berpengalaman menggunakan jasa layanan dua kali atau lebih. Metode sampling yang digunakan adalah sampel Non-Probability Sampling dengan cara Purposive Sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 100 (seratus) responden. Setelah itu dilakukan analisis data dengan alat analisa data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0 for windows. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel tarif dan kondisi yang berpengaruh positif dan signifikan. Variabel tarif nilai 2,553 > 1,984, nilai signifikan 0,012 < 0,05, variabel kondisi nilai 5,254 > 1,984, variabel fasilitas tidak berpengaruh ositif dan signifikan dengan nilai 1,218 < 1,984 nilai signifikan 0,226 > 0,05. Sedangkan secara simultan atau bersama-sama variabel fasilitas, tarif dan kondisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai 15,688 > 2,699, nilai signifikan 0,000 < 0,05. Angka Adjusted R Square sebesar 0,308 menunjukkan bahwa 30,8% artinya variance kepuasan konsumen dapat dipengaruhi oleh variabel fasilitas, tarif dan kondisi, sedangkan sisanya 69,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini seperti citra merek, kinerja pengemudi bus, ketepatan waktu dan lainnya. Kata kunci : Atribut Transportasi, Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1507 Transportation and Freight Services > 150799 Transportation and Freight Services not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 08:52 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 08:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20214 |
Actions (login required)
View Item |