Mekanisme Pasar Hasil Penangkapan Ikan di Brak Kalimoro Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Dalam Pemikiran Al-Ghazali.

Uyun, Qurrotul (2018) Mekanisme Pasar Hasil Penangkapan Ikan di Brak Kalimoro Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Dalam Pemikiran Al-Ghazali. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qurrotul Uyun_083144149.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mekanisme pasar adalah interaksi antara jumlah permintaan dan penawaran. Menurut Al-Ghazali pasar haruslah bebas dari adanya distorsi pasar seperti penimbunan dan penipuan. Dalam pemikiran Al-Ghazali permintaan dan penawaran harus terjadi tanpa adanya campur tangan oleh pemerintah. Serta pengambilan keuntungan yang berkisar 5-10%, karena dalam perdagangan haruslah di dorong oleh keuntungan yang hakiki yakni akhirat. Fokus penelitian yang diteliti adalah: pertama bagaimana tingkat permintaan menurut pemikiran Al-Ghazali di pasar Brak Kalimoro Kecamatan Muncar? Kedua bagaimana penawaran menurut pemikiran Al-Ghazali di pasar Brak Kalimoro Kecamatan Muncar? ketiga bagaimana mekanisme pasae menurut pemikiran Al-Ghazali di pasar Brak Kalimoro Kecamatan Muncar?. Tujuan penelitian ini adalah : pertama untuk mengetahui bagaimana tingkat permintaan menurut pemikiran Al-Ghazali di pasar Brak Kalimoro Kecamatan Muncar, Kedua untuk mengetahui bagaimana penawaran menurut pemikiran Al-Ghazali di pasar Brak Kalimoro Kecamatan Muncar, ketiga untuk mengetahui bagaimana mekanisme pasar menurut pemikiran Al-Ghazali di pasar Brak Kalimoro Kecamatan Muncar. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah pertama permintaan di Brak Kalimoro bisa sebanyak 17 ton dengan harga Rp.5000, juga pada harga tertinggi bisa Rp.15000 dengan permintaan 6 ton. kedua penawaran di Brak Kalimoro dipengaruhi oleh hasil nelayan. Penawaran bisa sampai 18 ton dengan harga Rp. 5000. ketiga Mekanisme pasar di Brak Kalimoro tidak dipengaruhi oleh penimbunan karena memang tidak ada. Keseimbangan harga didapat pada Rp.9000 dengan permintaan dan penawaran yang sama 12 ton. Serta pengambilan laba yang sebesar 10-25% perkilo. Kata Kunci : Al-Ghazali, Mekanisme Pasar, Permintaan, Penawaran, Laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:53
Last Modified: 14 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20226

Actions (login required)

View Item View Item