Aisyah, Siti (2017) Kualitas Pelayanan Kapal Laut Dharma Bahari Sumekar I Rute KaliangetKangean dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Aisyah_083 122 041.pdf Download (4MB) |
Abstract
Islam telah mengajarkan bila ingin memberikan hasil usaha baik berupa barang maupun pelayanan atau jasa hendaknya memberikan yang berkualitas, jangan memberikan yang buruk atau tidak berkualitas kepada orang lain. Pelayanan akan dapat dikatakan handal apabila dalam perjanjian yang telah diungkapkan dicapai secara akurat. Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana karakteristik jasa pada Kapal Laut Dharma Bahari Sumekar I Rute Kalianget – Kangean dalam perspektif ekonomi Islam? 2) Bagaimana dimensi kualitas pelayanan pada Kapal Laut Dharma Bahari Sumekar I Rute Kalianget – Kangean dalam perspektif ekonomi Islam? 3) Apakah pelayanan kapal Dharma Bahari Sumekar I sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam? Tujuan penelitian adalah : 1) Untuk mendeskripsikan karakteristik jasa pada Kapal Laut Dharma Bahari Sumekar I rute Kalianget – Kangean dalam perspektif ekonomi Islam. 2) Untuk mendeskripsikan dimensi kualitas pelayanan pada Kapal Laut Dharma Bahari Sumekar I rute Kalianget – Kangean dalam perspektif ekonomi Islam. 3) Untuk mendeskripsikan pelayanan kapal Dharma Bahari Sumekar I sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah, pendekatan analisis deskriptif kualitatif melalui field research (penelitian lapangan) untuk mengalisis kualitas pelayanan kapal laut Dharma Bahari Sumekar I rute Kalianget-Kangean. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara), dan dokumenter. Penelitian ini menggunakan uji validitas data dengan metode triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1) Karakteristik jasa kapal laut Dharma Bahari sumekar I sudah sesuai dengan karakteristik program pemasaran dalam suatu perusahaan seperti tidak terwujud (intangibility), tidak terpisah (inseparability), bervariasi (variability), mudah lenyap (perishability). Akan tetapi ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan karakteristik jasa yang ada di kapal Dharma Bahari Sumekar I yaitu bervariasi (variability), yang mana masih banyak penumpang yang tidak membeli tiket di loket, mereka lebih memilih membeli tiket di atas kapal, hal tersebut yang membuat pelayan kapal amburadul dan tidak sesuai dengan karakteristik yang ada di kapal Dharma Bahari Sumekar I. 2) Kapal Dharma Bahari Sumekar I banyak cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penumpang agar berminat menggunakan jasa transportasi kapal Dharma Bahari Sumekar I. Kualitas pelayanan yang baik pada suatu perusahaan dapat di lihat dari 5 (lima) dimensi diantaranya adalah kehandalan (reliabilitas), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empaty), dan bukti fisik (tangibles). Akan tetapi pada aspek bukti fisik (tangibles) serta jaminan (assurance) belum begitu dapat ditonjolkan, karena masih banyak kekurangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 08:54 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 08:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20236 |
Actions (login required)
View Item |