Andriyani, Ida (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ida Andriyani_0849416005.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Internalisasi, Multikultural Urgensi penanaman nilai-nilai multikultural di sekolah-sekolah menjadi bertambah penting untuk diperhatikan, didasarkan pada realitas yang terjadi dewasa ini. Ada beberapa kejadian di negeri ini yang cukup merusak ketentraman arus demokrasi dan kerukanan masyarakat Indonesia yang disebabkan oleh fundamentaslisme ideologi. Oleh karenanya internalisasi nilai-nilai multikultural harus ditanamkan sejak dini salah satunya melalu pembelajaran dan kegiatan pembiasaan sebagaimana yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung Jember. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Proses Internalisasi Nilai-nilai Toleransi di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung Jember? (2) Bagaimana Proses Internalisasi Nilai-nilai Demokrasi di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung Jember? (3) Bagaimana Proses Internalisasi Nilai-nilai Kesetaraan dan Keadilan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung Jember? Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung Jember. pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis diskriptif. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis dengan teorinya Miles dan Huberman yaitu: Pengumpulan data, Kondensasi data, Penyajian data, dan Verifikasi data. Untuk menguji kabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Proses internalisasi nilai toleransi dilakukan didalam kelas dan diluar kelas. Proses internalisasi didalam kelas menggunakan tiga proses yakni. Tranformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Sedangkan proses internalisasi nilai toleransi diluar kelas dilakukan dengan cara membudayakan pembiasaan berjabat tangan sebelum dan sesudah jam pelajaran. (2) Proses internalisasi nilai demokrasi juga dilakukan didalam kelas dan diluar kelas. Proses internalisasi nilai demokrasi dikelas dilakukan melalui penjelasan materi, pemberian contoh dengan metode demontrasi dan penilaian melalui jurnal. Sedangkan proses internalisasi nilai demokrasi diluar kelas diinternalisasikan melalui kegiatan pemilihan ketua kelas, sosialisasi tentang teknik pemilihan umum, dan melalui kegiatan ektrakurikuler pramuka dan drum band. (3) Proses internalisasi nilai kesetaraan dan keadilan juga dilakukan melalui dua cara yakni dikelas dan diluar kelas. Didalam kelas diinternalisasikan melalui penjelasan materi, pemberian contoh, dan penilaian jurnal. Sedangkan diluar kelas di internalisasikan melalui kegiatan santunan anak yatim dan duafa, kegiatan upacara bendera, dan pembiasaan Sholat duha, sholat duhur berjamaah, tilawah qur’an dan asmaul husna
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:22 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20334 |
Actions (login required)
View Item |