Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint dan Macromedia Flash 8 Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember.

Faroh, Mar'ah Nailul (2018) Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint dan Macromedia Flash 8 Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mar’ah Nailul Faroh_0849316006.pdf

Download (15MB)

Abstract

Kata Kunci: Media pembelajaran, Powerpoint, Macromedia Flash 8, Minat Belajar, Hasil Belajar. Proses pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu pola interaksi antara peserta didik dan pendidik. Interaksi yang baik dapat digambarkan dengan suatu keadaan dimana guru dapat membuat peserta didik memiliki minat dalam belajarnya dan memperoleh hasil belajar yang maksimal. Pembelajaran Fiqih selama ini hanya menggunakan metode konvensional yang membuat pembelajaran menjadi kurang menarik dan monoton, sehingga minat dan hasil belajar siswa rendah. Inovasi dalam pembelajaran Fiqih sangat diperlukan, guna meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran Powerpoint dan Macromedia Flash 8. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan perbedaan pengaruh yang signifikan minat belajar siswa antara kelompok yang menggunakan media pembelajaran Powerpoint dan kelompok yang menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember. (2) menjelaskan perbedaan pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan media pembelajaran Powerpoint dan kelompok yang menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan jenis penelitian Quasi experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Pretest and Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling yaitu sebanyak 61 siswa dari populasi 199 siswa kelas VII di MTs Unggulan Nuris Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Manova dengan bantuan software Statistical Package for The Sciences (SPSS). Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan minat belajar siswa antara kelompok yang menggunakan media pembelajaran Powerpoint dan kelompok yang menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember dengan nilai F sebesar 11,449 dan signifikansi 0,001. Untuk Pillae Trace (sig. 0,001), Wilk Lambda (sig. 0,001), HotellingTrace (sig. 0,001), Roy’s Largest Root (sig. 0,001) memiliki signifikansi lebih kecil dari 0,05 artinya semuanya signifikan. (2) ada perbedaan pengaruh.vi yang signifikan hasil belajar siswa antara kelompok yang menggunakan media pembelajaran Powerpoint dan kelompok yang menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember dengan nilai F sebesar 7,257 dan signifikansi 0,009. Untuk Pillae Trace (sig. 0,001), Wilk Lambda (sig. 0,001), HotellingTrace (sig. 0,001), Roy’s Largest Root (sig. 0,001) memiliki signifikansi lebih kecil dari 0,05 artinya semuanya signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:24
Last Modified: 17 Mar 2023 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20348

Actions (login required)

View Item View Item