Mardarani, Frisa Dewi (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP ISLAM AL-MURSYIDIYAH MAYANG JEMBER DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII DITINJAU DARI SELF CONCEPT MATEMATIS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Skripsi Frisa Water Mark.pdf Download (5MB) |
Abstract
Frisa Dewi Mardarani, 2023: Analisis Kemampuan Berpikir Kritis SMP Islam Al-
Mursyidiyah Mayang Jember Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi
Persamaan Garis Lurus (PGL) Kelas VIII Ditinjau Dari Self Concept Matematis
Siswa
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, Pemecahan Masalah, Self
Concept, Persamaan Garis Lurus.
Self concept yang dimiliki siswa dengan kategori berbeda-beda. Perbedaan
itu menjadi rahasia umum yang dimiliki sejak dini oleh siswa, sehingga dapat
mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematika siswa dalam
menyelesaikan masalah matematika dilihat dari konsep dirinya. Penelitian ini
memiliki tujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan berpikir kritis
matematika dalam pemecahan masalah pada materi PGL kelas VIII bagi siswa
yang memiliki self concept matematis tinggi. 2) Kemampuan berpikir kritis
matematika dalam pemecahan masalah pada materi PGL kelas VIII bagi siswa
yang memiliki self concept matematis sedang. 3) Kemampuan berpikir kritis
matematika dalam pemecahan masalah pada materi PGL kelas VIII bagi siswa
yang memiliki self concept matematis rendah.
Pada penelitian ini menggunakan penelitian eksploratif dengan pendekatan
deskriptif kualitatif. Adapun penelitian dilaksanakan di SMP Islam Al-
Mursyidiyah kelas VIII A dengan jumlah 16 siswa. Penelitian ini mengambil 6
siswa untuk menjadi subyek yaitu 2 siswa self concept matematis tinggi, 2 siswa
self concept matematis sedang, dan 2 siswa self concept matematis rendah.
Subyek ditentukan dengan menggunakan angket, dan teknik pengumpulan data
yaitu tes pemecahan masalah dan wawancara. Sedangkan dalam melakukan
analisis data menggunakan model Milles dan Huberman dengan tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, serta penelitian
menggunakan triangulasi teknik dan waktu.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Kemampuan berpikir kritis matematika
dalam pemecahan masalah pada siswa dengan self concept matematis tinggi dapat
memenuhi 4 indikator serta masuk pada tingkatan kritis. 2) Kemampuan berpikir
kritis matematika dalam pemecahan masalah pada siswa dengan self concept
matematis sedang secara umum hanya mampu memenuhi 3 indikator yaitu masuk
pada tingkatan cukup kritis, namun terdapat siswa dengan self concept matematis
sedang memiliki kemampuan berpikir kritis matematika pada tingkatan kritis
sebab memiliki kemampuan berpikir yang baik meskipun self concept matematis
sedang. 3) Kemampuan berpikir kritis matematika dalam pemecahan masalah
pada siswa dengan self concept matematis rendah hanya mampu memenuhi 2
indikator berpikir kritis matematika yakni dalam tingkat tidak kritis, namun
terdapat siswa dengan self concept matematis rendah memiliki kemampuan
berpikir kritis matematika yaitu tingkatan cukup kritis.
Actions (login required)
View Item |