Implementasi strategi Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Al-Muttaqin Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Efendi, Alek (2018) Implementasi strategi Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Al-Muttaqin Patrang Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alek Efendi_0849316042.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: Problem-Based Learning, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Proses pembelajaran seharusnya diselenggarakan secara interaktif, menyenangkan, sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif. pembelajaran seperti itu bisa terwujud dengan menggunakan pendekatan saintifik. dalam penerapannya dapat menggunakan strategi Pembelajaran. SMP Al-Muttaqin Patrang Jember telah melaksanakan pembelajaran Pendekatan Saintifik dengan strategi Problem-based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Fokus penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan dan Penilaian Strategi Problem-Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMP AlMuttaqin Patrang Jember Tahun pelajaran 2017/2018?. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Penilaian dengan Strategi Problem-Based Learning (PBL) dalam pembelajran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMP Al-Muttaqin Patrang Jember Tahun pelajaran 2017/2018. Teori yang digunakan adalah teori Pembelajaran Berbasis Masalah yang berdasar pada teori belajar konstruktivistik yang dikembangkan oleh John Dewey dengan langkah-langkah: a) Klarifikasi Masalah. b) Merumuskan Masalah dan Brainstorming. c) Pengumpulan Data. d) Berdiskusi untuk Solusi Masalah. e) Menentukan Pilihan Penyelesaian. f) Refleksi. Teori penilaian menggunakan penilaian autentik (authentic Assessment). Pedekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah Studi Kasus (case study). Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi (pengamatan), interview (wawancara) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Interaktif Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: mengumpulkan data (data collection), reduksi data (data Reduction), penyajian data (data display), dan Kesimpulan atau Verifikasi (conclusion drawing/verification). Keabsahan data untuk uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian implementasi strategi Problem-Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP AlMuttaqin Patrang Jember menunjukkan bahawa: 1) perencanaan dilakukan pada setiap awal tahun pelajaran; yang terlibat dalam kegiatan perencanaan adalah kepala sekolah ,waka Kurikulum dan Guru mata pelajaran; Pengembangan perangkat pembelajaran secara mandiri; seluruh guru menyerahkan perangkat pembelajaran termasuk guru PAI dan Budi Pekerti. 2) Pelaksanaan pembelajaran, guru menyajikan sebuah permasalahan dalam yang harus diamati oleh siswa. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vi selanjutnya siswa merumuskan pertanyaan dan mencari informasi, kemudian siswa berdikusi dalam kelompok untuk mencari solusi permasalahan dan hasilnya dipresentasikan didepan. 3) Penilaian kompetensi sikap dilakukan guru dengan mengamati prilaku siswa didalam kelas maupun di luar kelas. kompetensi pengetahuan dengan tes tulis setelah akhir materi pembelajaran. Penilaian kompetensi keterampilan dilakukan guru selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:27
Last Modified: 17 Mar 2023 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20386

Actions (login required)

View Item View Item