Stretegi Pembelajaran tematik terpadu di MIN I Bondowoso..

Baitullah, Rachmad (2019) Stretegi Pembelajaran tematik terpadu di MIN I Bondowoso.. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rachmad Baitullah_0849416002.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, TematikTerpadu, Pembelajaran tematik terpadu adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari beberapa mata pelajaran atau beberapa disiplin ilmu yang tergabung dalam satu tema tertentu dengan proses pembelajaran yang bermakna, sesuai perkembangan siswa. Melalui tematik guru akan berusaha menumbuhkan integritas pada diri siswa sehingga akan ada perlakuan keutuhan (percaya diri sendiri), kejujuran dan ketulusan hati, integritas diperlukan membedakan mana yang melanggarnya, yang tidak boleh dan yang tidak diperkenankan dengan mana yang diperkenankan atau tidak melanggar. Bila guru telah berhasil menanamkan dan meningkatkan kadar integritas, berarti telah dapat meningkatkan kualitas dalam hidup kehidupan, walaupun integritas bersifat individual perlu ada sentuhan secara rasional. Fokus Penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Tematik Terpadu di MIN I Bondowoso?; 2) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu di MIN I Bondowoso; dan 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Tematik Terpadu di MIN I Bondowoso?. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) perencanaan pembelajaran Tematik Terpadu di MIN I Bondowoso; 2) pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu di MIN I Bondowoso; dan 3) Evaluasi Pembelajaran Tematik Terpadu di MIN I Bondowoso?. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Harold Koontz tentang scientific approachs, Bruner, Piaget dan Vigotsky mengenai characterizis assesmen autentics serta Darling Hammond tentang assessment autentic . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode kualitatif deskriptif. Jenis penelitian menggunakan fenomenologis artinya penelitian ini berusaha memahami arti peristiwa dan kaitannya terhadap orangorang dalam situasi tertentu. Pemilihan Subjek penelitian yang digunakan adalah purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Interaktif model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya akan diperkuat dengan teknik trianggulasi dan member chek. Trianggulasi yang digunakan meliputi trianggulasi sumber dan teknik. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan dikembangkan setiap tahun berdasarkan hasil diklat, kuliah S1 PGSD, diskusi, bimbingan, dengan pemetaan, pengembangan silabus dan RPP, mengkaji indikator, memahami karakteristik materi, menggunakan metode, mengaplikasikan pendekatan yang cocok , sesuai dengan karakteristik peserta didik, menetapkan kesesuain tujuan pembelajarn dengan kompetensi dasar dan karakteristik materi pembelajaran,menganalisis berbagai komponen pembelajaran untuk menentukan model, pendekatan, strategi, metode, teknih dan langkah-langkah pembelajaran, menetapkan norma, batas minimal ukuran keberhasilan dan aturan baku, dan menentuk jenis, teknik dan bentuk penilaian yang tepat; 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dilakukan mengacu pada Rencana Pembalajaran, dianalisis, menggunakan pembelajaran ilmiah, menggunakan alat peraga, menyenangkan dan dikembangkan, menyiapkan ruang belajar dan media, mengkomunikasikan kompetensi; dan. 3) Evaluasi pembelajaran tematik terpadu direncanakan dan dimusyawarahkan bersama, meliputi proses dan hasil, menggunakan tes (tes tulis dan lisan), mengunakan non tes ( performen, proyek dan portopolio), dilaksnakan pada awal pembelajaran, saat pembelajaran, akhir pembelajaran, tengah semester, akhir semester dan akhir sekolah, dan keberhasilan dalam pembelajaran dirayakan melalui pengukuhan dengan acara wisuda di akhir tahun. Penilaian yang dilaksanakan untuk memperoleh gambaran keberhasilan proses dan ketercapaian penguasaan kompetensi dengan menggunakan pendekatan tematik terpadu pada MIN I Bondowoso dilakukan dalam bentuk penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian semester, penilaian akhir madrasah, dan penilaian secara nasional, dengan menggunakan tes, lisan dan tes tulis untuk menilai ketercapaian komptensi kognitif, performen, proyek, portofolio dan jurnal, danerayaan keberhasilan evaluasi dengan prosesi wisuda pada akhir tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:46
Last Modified: 17 Mar 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20407

Actions (login required)

View Item View Item