Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jember dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember

Azzahro, Fatimah (2018) Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jember dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatimah Azzahro_0849316001.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti adalah mata pelajaran yang tidak hanya mengantarkan peserta didik dapat menguasai dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk sikap dan perilaku siswa. Hal itu dapat diwujudkan melalui pembelajaran kontekstual yang dapat membantu siswa menemukan makna materi pelajaran dengan cara menghubungkan materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata siswa sebagai anggota keluarga maupun masyarakat. Fokus penelitian terdiri dari: (1) bagaimana cara guru membuat hubungan yang bermakna pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Jember dan SMPN 3 Jember?; (2) bagaimana cara guru menciptakan aktivitas belajar yang berarti bagi siswa pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Jember dan SMPN 3 Jember?; (3) bagaimana cara guru menerapkan konsep pembelajaran mandiri pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Jember dan SMPN 3 Jember?; (4) bagaimana cara guru menerapkan konsep kerja sama pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Jember dan SMPN 3 Jember?; (5) bagaimana cara guru melatih siswa untuk berpikir kritis dan kreatif pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Jember dan SMPN 3 Jember?; (6) bagaimana cara guru membantu siswa untuk tumbuh dan berkembang pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Jember dan SMPN 3 Jember?; (7) bagaimana cara guru mencapai standar yang tinggi pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Jember dan SMPN 3 Jember?; dan (8) bagaimana guru menerapkan penilaian autentik pada PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Jember dan SMPN 3 Jember?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui analisis multisitus yaitu analisis kasus individu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan dan selanjutnya melakukan analisis lintas situs. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dilakukan dengan melibatkan siswa secara aktif melalui aktivitas belajar dengan cara membaca, bertanya, berdiskusi, prsentasi, dan mempraktikkan secara langsung materi pelajaran yang dipelajari. Dalam pembelajaran guru menggunakan pembelajaran mandiri dengan tidak banyak membatasi aktifitas siswa. guru berperan sebagai fasilitator pembelajaran dalam pembelajaran kelompok. Penilaian pembelajaran juga dilakukan dengan bentuk penilaian autentik yang menilai keseluruhan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:46
Last Modified: 17 Mar 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20409

Actions (login required)

View Item View Item