Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Nurul Mannan Desa Sukogidri Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018

Khalili, Helmi A. (2018) Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Nurul Mannan Desa Sukogidri Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Helmi A. Khalili_0849113008.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Tipe Kepemimpinan, Motivasi Kerja Guru Sekolah adalah organisasi yang komplek dan unik. Oleh sebab itu sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi sekolah, seorang kepala sekolah dapat dikatakan berhasil apabila tercapainya tujuan sekolah, serta tujuan dari individu yang ada di dalam lingkungan sekolah. Salah satu faktor utama yang sangat menentukan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah keefektifan kerja guru. Oleh sebab itu kepemimpinan kepala sekolah dapat membantu guru meningkatkan motivasi kerjanya, dengan motivasi kerja tersebut kompetensi guru akan bertambah baik sehingga peningkatakan kualitas sekolah dapat dengan mudah tercapai. Berdasarkan latar belakang singkat tersebut, maka fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru pada aspek pemenuhan kebutuhan fisik, penghargaan, dan bersosialisasi di Sekolah Menengah Kejuruan Nurul Mannan Desa Sukogidri Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember, sedangkan tujuannya adalah ingin Bagaimana Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru pada aspek pemenuhan kebutuhan fisik, penghargaan, dan bersosialisasi di Sekolah Menengah Kejuruan Nurul Mannan Desa Sukogidri Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Teori yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Hirarki Kebutuhan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dan jenis studi kasus, sumber data yang diambil dari data primer dan sekunder, untuk informan penelitian ini, menggunakan teknik purposive sampling sedangkan teknik pengumpulan data, teknik wawancara, observasi, dan metode dokumentasi, analisa data menggunakan model interaktif Milles dan A. Michael Huberman, sedangkan pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi Sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terkait dengan fokus penelitian Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Nurul Mannan Desa Sukogidri Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, adalah Motivasi kerja pada aspek pemenuhan kebutuhan fisik yang berupa sandang, pangan, dan papan. melalui pemberian kewenangan pinjaman modal dari dana sekolah, pemberian tunjangan hari raya, serta pemberian seragam khas diawal ajaran baru. Kedua, ialah pada aspek pemenuhan kebutuhan penghargaan, yang diberikan oleh kepala sekolah berupa ucapan terimakasih, digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id pemberian piagam, memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti kompetisi yang lebih tinggi, dan penghargaan berupa finansial. Ketiga, aspek pemenuhan kebutuhan bersosialisasi, yang dilakukan oleh pihak sekolah kepada wali murid yang berupa sosialisasi terkait peningkatan kurikulum 2013, program pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), dan sosialisasi terkait dengan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:46
Last Modified: 17 Mar 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20413

Actions (login required)

View Item View Item