Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bondowoso.

Abdurrashid, Mr (2019) Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bondowoso. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Abdurrashid_0849317005.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai-Nilai Multikultural, Pendidikan Agama Islam Indonesia adalah Negara yang terdiri dari beragam masyarakat yang beragam agama, suku, ras, kebudayaan, adat istiadat, dan bahasa. Keragaman inilah menjadikan masyarakat indonesia sebagai masyarakat yang majemuk, dalam kehidupan yang beragam seperti ini menjadi tantangan untuk mempersatukan bangsa Indonesia menjadi satu kekuatan yang dapat menjunjung tinggi perbedaan dan keragaman masyarakatnya. Negara yang memiliki keunikan multi entitas dan multimental seperti Indonesia dihadapkan pada dilematisme tersendiri, di satu sisi membawa Indonesia menjadi bangsa yang besar sebagai multicultural nation-state, tetapi di sisi lain merupakan suatu ancaman. Maka bukan hal yang berlebihan bila ada ungkapan bahwa kondisi multikultural diibaratkan seperti bara dalam sekam yang mudah tersulut dan memanas sewaktuwaktu. Kondisi ini merupakan suatu kewajaran sejauh perbedaan disadari dan dihayati keberadaannya sebagai sesuatu yang harus disikapi dengan toleransi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganilisis secara mendalam mengenai penenanaman nilai-nilai multikultural yang terdiri dari nilainilai demokratis, humanis dan pluralitas terhadap peserta didik di SMAN 2 Bondowoso melalui Pendidikan Agama Islam. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah penanaman nilai-nilai demokratis terhadap peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bondowoso? (2) Bagaimanakah penanaman nilai-nilai humanis terhadap peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bondowoso? (3) Bagaimanakah penanaman nilai-nilai pluralitas di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bondowoso?. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan sumbangsih pemikiran guna memperkaya khazanah keilmuan dalam bidang pendidikan terutama yang berkaitan dengan penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural terhadap peserta didik melalui perndidikan Agama Islam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah diperolah kemudian diolah dengan pendekatan analisis data yang di dalamnya terdapat koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Kemudian untuk menguji keabsahan data yang diperoleh maka menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Penanaman nilai-nilai demokratis dalam pendidikan agama Islam di SMAN 2 Bondowoso melalui: pertama organisasi kesiswaan. Kedua, melalui proses pembelajaran pendidikan Agama Islam. Ketiga, memberikan kebebasan berekspresi dan mengemukakan pendapat. Keempat, memenuhi guru pendidikan Agama sesuai dengan gama yang dianut oleh siswa-siswi. (2) Penanaman nilai-nilai humanis dalam pendidikan agama Islam di SMAN 2 Bondowoso diwujudkan dengan mengajarkan kepedulian sosial terhadap peserta didik dengan berinfaq, program ini disebut dengan program one day five hundred rupiah (1 hari 500 rupiah). Kemudian sekolah juga mengadakan program Istighasah dan santunan anak yatim bagi siswa-siswi kelas XII yang akan menghadapi Ujian Nasional. Dan yeng terakhir adalah dengan proses pembelajaran pendidikan Agama Islam yakni guru PAI dituntut untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik akan pentingnya berprasangka baik, disiplin, jujur, berbuat baik kepada sesama manusia, dan berlaku adil. (3) Penanaman nilai-nilai pluralis dalam pendidikan agama Islam di SMAN 2 Bondowoso melalui Pertama, melibatkan seluruh siswa dalam semua kegiatan kesiswaan dan keagamaan tanpa membeda-bedakan antara satu dengan lainnya Kedua, melalui proses pembelajaran pendidikan Agama Islam. Ketiga, memberikan suri tauladan yang baik terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:47
Last Modified: 17 Mar 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20420

Actions (login required)

View Item View Item