Fitriandila, Ludy (2019) Supervisi Akademik Pengawas Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ajung. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
LUDY FITRIANDILA_0849116020.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci : Supervisi Akademik, Mutu Pendidikan Eksistensi pengawas madrasah dinaungi oleh sejumlah dasar hukum seperti Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 adalah landasan hukum yang terbaru yang menegaskan keberadaan pejabat fungsional itu. Selain itu, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 21 Tahun 2010 merupakan menetapan pengawas sebagai pejabat fungsional dan angka kreditnya. Jika ditilik sejumlah peraturan dan perundang-undangan yang ada, yang terkait dengan pendidikan, ternyata secara hukum pengawas sekolah tidak diragukan lagi keberadaannya. Fokus penelitian ini membahas 1) Bagaimana kontribusi pengawas madrasah dalam penyusunan perencanaan pembelajaran oleh guru di MI Salafiyah Syafi’iyah dan MI Fathus Salafi Kecamatan Ajung, 2) Bagaimana kontribusi pengawas madrasah dalam implementasi metode dan media pembelajaran oleh guru di MI Salafiyah Syafi’iyah dan MI Fathus Salafi Kecamatan Ajung, 3) Bagaimana kontribusi pengawas madrasah dalam penyusunan evaluasi pembelajaran oleh guru di MI Salafiyah Syafi’iyah dan MI Fathus Salafi Kecamatan Ajung Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan kontribusi pengawas madrasah dalam penyusunan perencanaan pembelajaran oleh guru di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ajung, 2) Untuk mendeskripsikan kontribusi pengawas madrasah dalam implementasi metode dan media pembelajaran oleh guru di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ajung, 3) Untuk mendeskripsikan Bagaimana kontribusi pengawas madrasah dalam penyusunan evaluasi pembelajaran oleh guru di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ajung Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles – Huberman yaitu : Reduction data, data display dan conclution/ drawing verification. Uji keabsahan data menggunakan 4 (empat ) alat uji yakni credibility, transfability, depandability, dan comfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kontribusi pengawas dalam perencanaan pembelajaran di MI kecamatan Ajung diimplementasikan dengan : a) Merencanakan dan mengkoordinasikan supervisi dengan kepala madrasah, b) Bimbingan difokuskan pada 4 perencanaan yaitu Perencanaan Tujuan, Materi, Mateode dan c) Evaluasi pembelajaran Bimbingan pada guru dilaksanakan menggunakan teknik kunjungan kelas dan melakukan evaluasi pelaksanaan supervisi, 2) Kontribusi pengawas dalam penggunanan implementasi metode digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id v pembelajaran dan media pembelajaran di MI kecamatan diwujudkan melalui : a) Perencanaan dan koordinasi dengan pihak madrasah. b) Melakukan need assesment (analisis kebutuhan) c) Bimbingan metode pembelajaran menggunakan tehnik lokakarya (workshop) d) Penggunaan media pembelajaran menggunakan tehnik demonstrasi, e) Melakukan evaluasi pelaksanaan supervisi, 3) Kontribusi pengawas dalam penyusunan evaluasi pembelajaran di MI Salafiyah Syafiiyah diwujudkan melalui :a) Melaksanakan observasi awal, b) Melaksanakan need assesment (analisis kebutuhan),c) Perencanaan dan koordinasi dengan pihak madrasah, d) Pelaksanaan supervisi dengan kunjungan kelas, e) Melakukan evaluasi pelaksanaan supervisi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:48 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20432 |
Actions (login required)
View Item |