Isomuddin, Moh. (2019) Strategi Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Ma’had Tahfidz Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat-Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
MOH. ISOMUDDIN_0849316013.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Tahfidz al-Qur’an Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana dalam proses pembelajaran Tahfidz al-Qur’an guru diharuskan untuk memiliki strategi yang tepat agar peserta didik dapat belajar secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Namun kenyataannya penerapan strategi untuk meningkatkan efektifitas hafalan al-Qur’an bukan hal yang mudah, sebagian guru kurang bisa menerapkan strategi yang tepat dalam menghafal al-Qur’an, hal ini tampak dari rendahnya tingkat hafalan al-Qur’an peserta didik yang disebabkan oleh guru yang tidak dapat menerapkan metode yang sesuai dengan proses pembelajaran Tahfidz al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Ma’had Tahfidz Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat-Jember. (2) mendeskripsikan Strategi Penyampaian Pembelajaran Tahfidz al-Quran di Ma’had Tahfidz Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat-Jember. (3) mendeskripsikan Strategi Pengelolaan Pembelajaran Tahfidz alQur’an di Ma’had Tahfidz Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat-Jember. Data dan sumber data: (1) primer: Pengasuh, Wakil Pengasuh Tahfidz, Ustadz dan Peserta didik. (2) sekunder: Dokumentasi serta arsip-arsip. Pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode Triangulasi, perpanjangan kehadiran dan peningkatan ketekunan. Untuk analisis data, peneliti mengumpulkan data (display data) kemudian reduksi data, penyajian data selanjutnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Ma’had Tahfidz Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat-Jember yaitu menggunakan metode Yanbu’a dan metode Muroja’ah, (2) Strategi Penyampaian Pembelajaran Tahfidz al-Quran di Ma’had Tahfidz Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat-Jember yaitu meliputi faktor pendukungnya yaitu: adanya buku prestasi tahfidz al-Qur’an, sarana dan prasarana yang mendukung (3) Strategi Pengelolaan Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Ma’had Tahfidz Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kalisat-Jember yaitu siswa mampu menghafal al-Qur’an dengan baik sesuai target dan siswa menjadi lebih displin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:49 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20440 |
Actions (login required)
View Item |