Peran Ganda Perempuan Dalam Keluarga Perspektif Feminis Muslim Indonesia

Zahra, Mr. (2019) Peran Ganda Perempuan Dalam Keluarga Perspektif Feminis Muslim Indonesia. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Zahra_0839116020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Peran ganda, Perempuan, Feminis Muslim Indonesia. Peran ganda perempuan menjadi pembicaraan hangat ditengah lahirnya tipologi feminis muslim Indonesia. Tipologi feminis Indonesia mengkaji peran ganda perempuan dalam porsinya masing-masing sebagai kelompok yang ingin mengupayakan terjadinya kesetaraan dan kesefahaman akan posisi laki-laki dan perempuan dalam sebuah keluarga. Beberapa kelompok feminis Indonesia memberi warna tersendiri bagi terjadinya implikasi beban ganda perempuan, antara dunia domestik dan publik. Kelompok penggiat feminis ini adalah representasi dari konstruksi pemikiran bagi peran perempuan muslim Indonesia, antara domestik dan publik. Peran ganda perempuan dibicarakan dan dijadikan kajian serta penelitian dalam rangka menemukan posisi perempuan yang Ideal dalam konteks keluarga Indonesia. Dari uraian di atas, maka fokus kajian dalam penelitian ini adalah Pertama, Bagaimana pandangan feminis muslim Indonesia terhadap peran ganda perempuandalam keluarga di Indonesia ? Kedua, Bagaimana implikasi pandangan feminis muslim Indonesia terhadap wacana peran ganda perempuan dalam keluarga di Indonesia ?.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan feminis muslim Indonesia dan mendeskripsikanimplikasi pandangan feminis muslim Indonesia terhadap wacana peran ganda perempuan dalam keluarga di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif karena permasalahan yang menjadi kajian penulis belum jelas dan kompleks.Sedangkan Library Research sebagai jenis penelitiannya,metode ini dipilih berdasarkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data-data non-lapangan, peneliti memfokuskan penggalian data. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Pandangan feminis muslim Indonesia terhadap peran ganda perempuan dalam keluarga a) Feminis muslim konservatif: peran ganda pada perempuanberkeluarga dimungkinkannamun lebih diutamakan pada peran domestik b) Feminis muslim moderat: peran ganda perempuan berkeluarga diperbolehkan karena memiliki hak yang sama dengan laki-laki, namun tidak dengan mngabaikan peran domestik. Namun padaperan domestik memiliki tanggung jawab yang penting pula.c) feminis muslim liberal: peran ganda ialah peran publik bagi perempuan sebagai keniscayaan dari persamaan hak, namun peran ganda yang berarti beban ganda tidak setujui, bahkan ditolak. 2) Implikasi perbedaan pendapat feminis muslim Indonesia, terdapat pada kriteria peran perempuan dalam ruang publik dan beban ganda yang akan diterima oleh perempuan sebagai konsekuensi adanya peran ganda yang dipikul oleh seorang perempuan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012899 Islamic Family Law not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:50
Last Modified: 17 Mar 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20447

Actions (login required)

View Item View Item