Fadli, Muhammad Nur (2019) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter melalui Budaya Religius di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bondowoso. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
MUHAMMAD NUR FADLI_0849317037.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Budaya Religius Indonesia merupakan salah satu negara yang secara peradaban telah terpengaruh oleh dampak negatif arus globalisasi dunia. Dampak yang sangat cepat dirasakan adalah perubahan life style, paradigma, budaya, adat bahkan norma di masyarakat serta karakter bangsa. Sehingga hal tersebut bisa menyebabkan perubahan karakter yang semakin mengarah pada dekadensi moral serta hilangnya kreativitas dan produktivitas bangsa. Dengan adanya degradsasi moral maka sangat perlu diberikan nilai-nilai karakter. Secara khusus di lingkungan SMAN 1 Bondowoso, juga ada pelanggaran yang terjadi setiap bulannya. Selain pihak guru berinovasi untuk meminimkan pelanggaran dengan menanamkan dan memupuk nilai-nilai pendidikan karakter, pada sekolah ini sejak 3 tahun yang lalu telah diterapkan kurikulum 2013. Dengan adanya kurikulum baru yang digunakan, menjadikan lembaga ini lebih memprioritaskan pembentukan sikap atau karakter baik dalam pembelajaran maupun kegiatan diluar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mandalam mengenai Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang meliputi sikap religius, jujur, disiplin, dan tolerasi keberagaman. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter religius pada Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bondowoso? (2) bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter jujur pada Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bondowoso? (3) bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bondowoso? (4) bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter toleransi keberagaman pada Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bondowoso? Adaun tujuan penelitian ini ialah: (1) mendeskripsikan penanaman nilainilai pendidikan karakter religius pada Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bondowoso, (2) mendeskripsikan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter jujur pada Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bondowoso, (3) mendeskripsikan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bondowoso, (4) mendeskripsikan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter toleransi keberagaman pada Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Bondowoso. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian peneliti menggunakan analisis data sebagai alat untuk mencari makna dari data yang telah dikumpulkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penanaman nilai karakter religius melalui sholat berjamaah dan tadarus Al Quran (2) Penanaman nilai karakter disiplin melalui pemberian reward dan punishment (3) Penanaman nilai karakter jujur melalui penciptaan kepercayaan (4) Penanaman nilai karakter toleransi keberagaman melalui pemberian hak yang sama pada siswa (agama) minoritas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:50 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20453 |
Actions (login required)
View Item |