Saidah, Siti Nur (2018) Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius dalam Program Kegiatan Keagamaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kencong. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SITI NUR SAIDAH_0849316047.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kata Kunci :Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius, Program Kegiatan Keagamaan Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat memberi pengaruh positif maupun negatif terhadap pola pikir dan karakter siswa, akibat negatifnya sering dijumpai siswa yang berperilaku kurang terpuji. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibutuhkan internalisasi nilai-nilai karakter religius dalam program keagamaan yang dapat membekali dan membentengi siswa dari perilaku yang tidak baik sehingga siswa memiliki karakter yang sesuai dengan aturan Islam Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses transformasi nilai karakter religius dan strategi transinternalisasi nilai karakter religius pada peserta didik melalui program keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif (penelitian lapangan), jenis penelitiannya adalah studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang meliputi empat hal yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian di SMP Negeri 1 Kencong yaitu proses transformasi nilai ketaatan dalam beribadah pada Allah melalui pemberian informasi, pemahaman tentang pengetahuan agama secara teoritis dan menanamkan keyakinan agama dan cara beribadah serta melatih beribadah. Proses transformasi melalui beberapa tahapan antara lain penerimaan nilai, merespon nilai, seleksi nilai, penghayatan nilai dan aktualisasi nilai. Proses merespon nilai berupa siswa mau menerima nilai, menolak nilai dan acuh tak acuh. Strategi transinternalisasi nilai ketaatan dalam beribadah pada Allah melalui program keagamaan dengan menggunakan strategi pengembangan diri, terintegrasi dalam mata pelajaran dan budaya sekolah. Strategi pengembangan diri melalui kegiatan rutin, spontan, keteladanan dan pengkondisian lingkungan. Kegiatan sekolah terdiri dari kegiatan rutin harian, mingguan dan tahunan. Pengkondisian lingkungan dengan cara menyediakan tempat ibadah yang nyaman, menyediakan alat ibadah yang layak, memasang tulisan dinding yang berisi ajakan mematuhi perintah agama dan memajang pengumuman jika akan memperingati hari-hari besar.Terintegrasi dalam matapelajaran melalui silabus, RPP, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup dan budaya sekolah yang terdapat pada aturan sekolah, kegiatan di kelas dan kegiatan sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:52 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20477 |
Actions (login required)
View Item |