STUDI HADIS MIMPI (Kajian Kualitas Dan Ma’anil Hadis).

Munawir, Mr (2017) STUDI HADIS MIMPI (Kajian Kualitas Dan Ma’anil Hadis). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Munawir_082133006.pdf

Download (7MB)

Abstract

Mimpi adalah kajadian alam bawah sadar yang dialami oleh manusia yang menarik terhadapa semua alam sadar manusia, jika orang bermimpi maka mimpi itu termasuk bagian dari 46 kenabian, redaksi dari hadis ini banyak sekali sehingga ada perbedaan dalam pembagian mimpi dari 46 kenabian ada diantara yang mengatakan 45, 70, 76 dan lain sebagainya, untuk memberikan penjelasan terhadap beberapa permasahan ini dapat dikaji dari pemahaman dan keotentikanya. Fokus yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana redaksi hadishadis mimpi dan kualitasnya? 2. Bagaimana penjelasan al-Ru’ya al-Shalihah dalam hadis-hadis mimpi? 3. Bagaimana maksud hadis mimpi sebagian dari kenabian dalam hadis mimpi? Tujuan penelitian adalah 1. untuk menjelaskan hadis-hadis mimpi dan kualitasnya 2. untuk menjelaskan maksud al-Ru’ya al-Shalihah dalam hadis-hadis mimpi 3. menjelaskan maksud mimpi sebagian dari kenabian dalam hadis-hadis mimpi. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut penelitian ini menggunakan metode deskriptip analisis. Metode ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang ma’na hadis-hadis mimpi sebagian dari kenabian secara jelas, kemudian pemahaman tersebut dianalisa kembali sesuai sumber data yang peneliti peroleh. Adapun metode yang digunakan dalam meneliti kualitas hadisnya menggunakan komentar para tokoh hadis untuk melihat keotentikanya. Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan literature- literature berdasarkan data, mengutif data, teori atau konsep lengkap dari sumbernya kemudian mengecek data atau teori dengan sumber lainya kamudian mengelompokkan data bardasarkan outline atau sistematikan penelitian yang telah dipersiapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:52
Last Modified: 17 Mar 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20481

Actions (login required)

View Item View Item