Mashuri, Mr. (2016) Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda di SMK Ash-Shiddiqi Curahlele Tahun pelajaran 2015/2016. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mr. Mashuri_0849113076.pdf Download (32MB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen Humas, Pendidikan Sistem Ganda. Pesatnya pertumbuhan lembaga sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan (SMK), tentunya hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi sekolah, untuk menjalin kerja sama dengan dunia usaha maupun dunia industri. Persaingan dalam dunia pendidikan menjadi tidak terelakkan lagi, Pendidikan sistem ganda merupakan implementasi dari konsep link and match,yaitu perancangan kurikulum, proses pembelajaran, dan penyelenggaraan evaluasinya didesain dan dilaksanakan bersama-sama oleh pihak sekolah dan industri. Peranan hubungan masyarakat dalam menjalin,menjaga dan memelihara citra sekolah terhadap Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) sangat membantu meraih efektifitas pendidikan sistem ganda yang berlangsung di sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini sangat penting dilakukan mengingat, pada saat ini perkembangan sekolah menengah kejuruan sangat pesat, dan banyak diminati.oleh sebab itulah penelitian ini penting karena diharapkan pendidikan menengah kejuruan khususnya dalam melaksanakan pendidikan sistem ganda, bukan hanya karena tuntutan kurikulum, melainkan dalam pelaksanaannya benar-benar memberikan pengalaman dan pengetahuan khususnya sesuai dengan kompetensi keahlian yang ada disekolah dan ketika lulus,para siswa siap terjun dalam dunia kerja. Berangkat dari konteks tersebut, fokus masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah perencanaan Manajemen humas dalam pelaksanaan pendidikan sistem ganda di SMK Ash-Shiddiqi Curahlele? (2) Bagaimanakah pelaksanaan Manajemen humas dalam pelaksanaan pendidikan sistem ganda di SMK Ash- Shiddiqi Curahlele?(3) Bagaimanakah pengendalian Manajemen humas dalam pelaksanaan pendidikan sistem ganda di SMK Ash-Shiddiqi Curahlele? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan perencanaan Manajemen humas dalam pelaksanaan pendidikan sistem ganda di SMK Ash-Shiddiqi Curahlele.(2) Mendiskripsikan pelaksanaan Manajemen humas dalam pelaksanaan pendidikan sistem ganda di SMK Ash-Shiddiqi Curahlele.( 3) Mendiskripsikan pengendalian Manajemen humas dalam pelaksanaan pendidikan sistem ganda di SMK Ash-Shiddiqi Curahlele. Adapun penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif deskriptif, penentuan informan menggunakan purposive sampling, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan pasif, metode wawancara tidak terstruktur, serta dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verification, dengan keabsahan data triangulasi sumber. Hasil temuan penelitian yang dilaksanakan di SMK Ash-Shiddiqi Curahlele meliputi: (1) Perencanaan Manajemen Humas Dalam Pendidikan Sistem Ganda yaitu Penetapan tujuan program humas - proses penentuan tim dan job description (Organization) dan Tahapan-tahapan dalam program humas berjalan serta melakukan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang dalam digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id v pelaksanaan pendidikan sistem ganda yaitu, dengan menjalin mitra dengan pihak DU/DI dengan berbentuk MoU Kerja sama dengan dinakertrans dalam pembentukan BKK. (2) Pelaksanaan Manajemen Humas Dalam Pendidikan Sistem Ganda yaitu Menjalin komunikasi yang baik dengan wali murid dan melibatkan personel instansi-instansi luar (DU/DI) dalam mensukseskan program sekolah, Metode yang dilakukan dengan rapat dinas bagi masyarakat sekolah serta pertemuan-pertemuan formal dan Non formal dengan dengan pihak DU/DI dan wali murid ketika pengambilan raport, media yang digunakan dalam pelaksanaan humas adalah telepon,internet, yang digunakan sebagai saluran komunikasi antara DU/DI dan wali murid, serta mengirim guru pembimbing langsung ke DU/DI. (3) Pengendalian Manajemen Humas Dalam Pendidikan Sistem Evaluasi dilakukan dengan cara membuat Laporan tertulis atau laporan pertanggung jawaban pada akhir pelaksanaan program, observasi dan komentar-komentar dari wali murid, Evaluasi yang dilakukan oleh DU/DI, dengan membuat laporan tertulis tentang kegiatan sehari-hari siswa dan rapot siswa selama pelaksanaan sistem ganda serta sertvikat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 08:53 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 08:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20570 |
Actions (login required)
View Item |