Mastuki, Mr. (2016) Konsep Pendidikan Sosialis Perspektif H.O.S Tjokroaminoto Dengan Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mr. Mastuki_084 121 436.pdf Download (4MB) |
Abstract
Data yang terbaru pada tahun 2015 lalu Badan Pusat Data Statistik Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan ada 4,9 Juta anak yang tidak tercakup pendidikan karena kemiskinan. Dapat kita bayangkan betapa terseok-seoknya bangsa ini untuk mengurus pendidikan penduduknya sendiri saja tidak mampu. Belum lagi permasalahan kapitalisasi pendidikan yang menjual hak-hak kemanusiaan. Ditambah juga permasalahan manusia pendidikan yang mengalami ketimpangan antara kecerdasan dengan moralitas sosial. Dalam kondisi seperti ini, maka perlu di hadirkan pendidikan sosialis perspektif H.O.S Tjokroaminoto dengan Pendidikan Islam membawa angin segar bagi pendidikan bangsa sebagai salah satu alternatif problematika pendidikan. Di mana, menurutnya, pendidikan harus memproduksi manusia yang mempunyai kepribadian muslim yang sejati berdasarkan ajaran agama Islam. Adapun fokus penelitian ini adalah: (1), Bagaimana konsep pendidikan sosialis perspketif H.O.S Tjokroaminoto ? (2), Bagaimana Relevansi konsep pendidikan sosialis Perspektif H.O.S Tjokroaminoto dengan pendidikan Islam ? Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1), mendeskripsikan dan menganalisis Konsep pendidikan sosialis perspektif H.O.S Tjokroaminoto. (2), untuk mendeskripsikan dan menganalisis Relevansi konsep pendidikan sosialis Perspektif H.O.S Tjokroaminoto dengan pendidikan Islam. Dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan Metodologi penelitian kualitatif dengan Pendekatan Naratif dengan jenis kajian studi tokoh. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tehnik analisa datanya menggunakan analisa isi (content analisis) dan untuk menguji keabsahan datanya mengunakan triangulasi sumber. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1), Pendidikan sosialis perspektif H.O.S Tjokroaminoto adalah Pendidikan yang berdikari, pendidikan untuk semua, memiliki perasaan nasionalisme, pendidikan yang membebaskan, terwujudnya integrasi ilmu dan tidak diskriminatif. (2), Prinsip-prinsip Pendidikan sosialis Perspektif H.O.S Tjokroaminoto yakni, Semurni-murni Tauhid, Setinggi-tinggi Ilmu dan Sepintar-pintar siasat. (3), Tujuan pendidikan sosialis perspektif H.O.S adalah membentuk anak didik agar menjadi muslim sejati dan sekaligus mempunyai jiwa nasionalisme dan penuh percaya diri. Sebagai muslim sejati seorang harus berlandaskan kepada trilogi prinsip yakni, Semurni-murni Tauhid, Setinggi-tinggi Pengetahuan dan Sepintar-pintar siasat. Sedangkan Relevansi Pendidikan Sosialis Perspektif H.O.S Tjokroaminoto dengan Pendidikan Islam yakni, (1). pemikiran pendidikan Tjokroaminoto dengan pendidikan Islam peneliti menyimpulkan bahwa keduanya memiliki cita-cita yang sama yaitu untuk mewujudkan manusia muslim yang memiliki kecerdasan pengetahuan yang luas serta akhlak yang mulia. (2), Untuk relevansi prinsip tujuan pendidikan sosialis perspektif Tjokroaminoto dengan Pendidikan Islam tersebut mempunyai kesamaan yang jelas untuk mengantarkan manusia agar menjadi hamba yang mempunyai Tauhid yang kokoh sehingga menjadi kepribadian muslim yang sejati
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 08:54 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 08:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20574 |
Actions (login required)
View Item |