Peran Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Pengembangan LembagaKeuanganMikroMasyarakat (LKMM) di Kabupaten Jember

Yanto, Mr. (2015) Peran Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Pengembangan LembagaKeuanganMikroMasyarakat (LKMM) di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Yanto_083 112 022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pemerintah Kabupaten Jember mempunyai tugas desentralisasi di bidang Lembaga Keuangan Mikro Masyarakat (LKMM), untuk melaksanakan tugas sebagaimana tersebut diatas Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecildan Menengah Pemerintah Kabupaten Jember mempunyai tugas antara lain: Membantu Permodalan, Pengawasan, Motivasi, dan Pengarahan kepada Lembaga Keuangan Mikro Masyarakat. Adapun focus masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Peran Dinas Koperasi UMKM dalam Permodalan, Pengawasan, Motivasi,dan Pengarahan terhadap LKMM? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisa peran Dinas Koperasi UMKM baik perannya dalam permodalan, pengawasan, motivasi maupun pengarahan. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara wawancara, observasi partisipatif dan dokumentasi Peneletian ini memperoleh kesimpulan bahwa Peran Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Jember dalam aspek permodalan LKMM adalah hanya sebagai penyalur modal dana hibah dari Pemda Jember kepada LKMM dan selanjutnya disalurkan ke kelompok masyarakat sebagai modal usaha. Masyarakat menganggap bahwa dana hibah tersebut tidak harus dikembalikan. Dalam Islam pun hibah tidaklah wajib dikembalikan namun pihak LKMM menggunakan dana tersebut dengan sistem simpan pinjam dengan tujuan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat Jember. Dalam hal ini LKMM tidak sesuai dengan hukum Islam, karena dana hibah dirubah fungsinya menjadi sistem simpan pinjam. Peran Dinas KoperasiUMKM dalam aspek pengawasan LKMM sangat urgen. Sebab Dinas Koperasi UMKM semua proses keluar masuknya uang akan diketahui dengan cara mengevaluasi setiap laporan keuangan LKMM. Dalam aspek peran motiviasinya juga tidak kalah penting. Dinas KoperasiUMKM memberikan penyadaran akan kemampuan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Teori Abraham Maslow adalah salah satu teori motivasi yang digunakan Dinas Koperasi UMKM dalam perannya sebagai pemberi motivasi LKMM. Sedangkan perannya dalam aspek pengarahan pun juga bagus, Pelaksanaan agenda-agenda yang bersifat pengarahan seperti Program Pendidikan, Pelatihan dan Penyuluhan, Program Pengembangan Lembaga Keuangan dan Pembiayaan LKMM, hingga program Kemitraan Usaha sudah cukup untuk mengembangkan LKMM di kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:57
Last Modified: 17 Mar 2023 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20616

Actions (login required)

View Item View Item