Perlindungan Hukum Bagi Tenaga kerja Perempuan Yang pulang keja di Malam hari di Java Sunrise Café Jl.Moh Husni Thamrin Banyuwangi Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan hukum islam.

Astutik, Eka Oktarianti Astutik (2017) Perlindungan Hukum Bagi Tenaga kerja Perempuan Yang pulang keja di Malam hari di Java Sunrise Café Jl.Moh Husni Thamrin Banyuwangi Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan hukum islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eka Oktarianti Astutik_083132010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelaksanaan perlindungan hukum terhadap tenaga kerja perempuan yang pulang kerja di malam hari haruslah sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku yaitu Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. semakin banyaknya tenaga kerja perempuan yang mengisi di berbagai perusahaan, café, diskotik, tidak menutup kemungkinan terjadi penyalahan hak-hak sesuai dengan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan yang seharusnya didapatkan oleh tenaga kerja perempuan, contohnya tidak terdapat fasilitas antar jemput dari pengusaha. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaiamana pelaksanaan hak-hak tenaga kerja perempuan di Java Sunrise Café menurut peraturan Undang-undang No 13 tahun 2003 ? 2) Bagaimana tanggung jawab pengusaha terkait tenaga kerja perempuan yang pulang kerja di malam hari ? 3) Bagaimana Perlindungan Hukum terkait tenaga kerja perempuan yang pulang kerja di malam hari di Java Sunrise Café ditinjau dari hukum islam ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perlindungan hukum terhadap tenaga kerja perempuan di Java Sunrise Café Jl.Moh Husni kabupaten Banyuwangi menurut Undang-undang No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan hukum islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian empiris. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga kerja perempuan di Java Sunrise Café Jl.Moh Husni kabupaten Banyuwangi mengenai perlindungan hukum dilihat dari hak-hak yang tidak diberikan. Tidak ada fasilitas antar jemput dari pengusaha, ketika pulang bekerja mereka menggunakan kendaraan sendiri. terkait pekerja perempuan belum sepenuhnya sesuai dengan Undang-undang No.13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Sedangkan di hukum islam, perlindungan hukum terhadap hak-hak tenaga kerja perempuan merupakan implementasi dari prinsip keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:23
Last Modified: 20 Mar 2023 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20636

Actions (login required)

View Item View Item