Istioqomah, Ms. (2019) Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlaq Pada Program Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) Dengan Model Sistem Kredit Semester (SKS) Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ms. ISTIQOMAH_0849315035.pdf Download (10MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran Aqidah Akhlak, Program PDCI, Sistem Kredit Semester Program Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) program pengganti program akselerasi yaitu suatu program pembelajaran untuk peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan luar biasa atau dengan kata lain program untuk mempercepat masa studi peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi yang berhak mendapat perhatian khusus agar dipacu perkembangan prestasi dan bakatnya. Di kabupaten Lumajang yang menyelenggarakan PDCI saat ini hanya MTsN 1 Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris bagian-bagian yang telah dirumuskan dalam fokus penelitian, yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Aqidah Akhlaq pada program Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) dengan model Sistem Kredit Semester (SKS) di MTsN 1 Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah guru aqidah akhlak, karena peneliti banyak melakukan wawancara dengan ustad fajar dan ustad abu sebagai guru aqidah akhlak untuk mendapatkan informasi yang lebih luas dan komperehensif. Kemudian sumber data yang kedua adalah Kepala Sekolah, karena beliau yang mempunyai peran penting dan penanggung jawab penuh lembaga. Selanjutnya Waka kurikulum untuk mengetahui program PDCI dengan model SKS dan kurikulum yang digunakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskrptif dengan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak pada Program Peserta Didik Cerdas Istimewa dengan Model Sistem Kredit Semester di MTsN 1 Lumajang, meliputi: Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Perencanaan pembelajaran Aqidah Akhlak pada program PDCI dengan model SKS meliputi pemetaan Kompetensi Inti (KI) DAN Kompetensi Dasar (KD), pemetaan silabus, penyusunan program tahunan, penyusunan program semester dan persiapan mengajar dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dalam tahap pemetaan materi MGMP Aqidah akhlak MTsN 1 Lumajang merubah atau memetakan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk program pembelajaran 3 tahun dipadatkan menjadi 2 tahun atau 4 semester untuk program PDCI. Sedang untuk silabus, RPP, Program Tahunan dan Program semester belum ada perbedaan untuk program pembelajaran 3 tahun dan program pembelajaran 2 tahun (PDCI). Dalam pelaksanaan kegiatan pembelaaran mengikuti prosedur yang berlaku dengan mengorganisasikan dan mengarahkan pembelajaran dengan mengacu pada pembelajaran program kegiatan tatap muka, kegiatan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Evaluasi pembelajaran aqidah akhlak melalui penilaian hasil belajar program PDCI dengan mengikuti prosedur yang sudah diatur dalam kurikulum MTsN 1 Lumajang yang mengacu pada kurikulum 2013 meliputi penilaian kompetensi sikap yang terbagi menjadi sikap spiritual (KI.1) dan sikap sosial (KI.2), penilaian kompetensi pengetahuan (KI.3), penilaian kompetensi keterampilan (KI.4).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 07:26 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 07:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20655 |
Actions (login required)
View Item |