Lusiana, Ms. (2015) Implementasi Strategi Pembelajaran Giving Questions and Getting Answer dalam Mengembangkan Kreativitas Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah TSanawiyah As-Shiddiqy Pakis, Panti, Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ms. Lusiana_084 111 265.pdf Download (29MB) |
Abstract
Pada hakikatnya manusia yang hidup di dunia ini membutuhkan pendidikan. Dimana pendidikan mempunyai tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun didalam pelaksanaan pendidikan tentunya harus ada yang namanya sebuah strategi karena strategi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting didalam berjalannya proses pembelajaran. strategi pembelajaran yang dipilih harus benar-benar pas dan sesuai dengan keadaan peserta didik maupun sekolah atau madrasah. Sehingga tujuan pendidikan bisa terlaksana dengan baik dan berhasil. Rumusan Masalah penelitian ini adalah:1). Bagaimana implementasi strategi Giving questions and getting Answer dalam mengembangkan kreativitas bertanya siswa pada pembelajaran aqidah akhlak di MTs As-Shiddiqy Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran giving questions and getting answer dalam mengembangkan kreativitas bertanya siswa di MTs As-Shiddiqy sudah terlaksana dengan baik dan mampu mengembangkan kreativitas bertanya siswa pada pembelajaran aqidah akhlak di MTs As-Shiddiqy Jember. Selanjutnya penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang penelitian ini, diantaranya adalah Kepala sekolah Mts As-Shiddiqy, Guru Akidah akhlak serta perwakilan murid Mts As-Shiddiqy Pakis kecamatan Panti Kabupaten Jember. Metode penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi, serta analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Penerapan atau implementasi strategi pembelajaran giving questions and getting answer dalam mengembangkan kreativitas bertanya siswa pada pembelajaran Aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah As-Shiddiqy jember bisa berkembang dengan baik hal ini bisa dilihat atau diketahui dari perkembangan persiklus. Diketahui strategi dapat giving questions and getting answer dapat mengembangkan kreativitas bertanya siswa kelas IX (Sembilan) pada pembelajaran Aqidah akhlak di MTs As-Shiddiqy Jember dilihat dari keberanian bertanya, mengajukan ide, dan memberikan tanggapan. dan perkembangan kreativitas bertanya siswa terhadap pembelajaran aqidah akhlak dapat dilihat dari skor kreativitas siswa , pada prasiklus prasiklus prosentase kreativitas bertanya siswa terhadap pembelajaran aqidah akhlak sangat rendah yaitu 30% dan pada siklus I mengalami perkembangan20% sehingga skor kreativitas siswa terhadap pembelajaran aqidah akhlak menjadi 50% dan pada siklus II skor kreativitas bertanya terhadap pembelajaran aqidah akhlak berkembang sebesar 30% sehigga skor kreativitas bertanya siswa terhadap pembelajaran aqidah akhlak pada siklus II 80% hasil tersebut digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix membuktikan bahwa strategi giving questions and getting answer dapat mengembangkan kreativitas bertanya siswa pada pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah AsShiddiqy Pakis Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 07:29 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 07:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20669 |
Actions (login required)
View Item |