Mas'udah, Ms. (2015) Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih Semester Genap di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ms. Mas’udah_084 101 247.pdf Download (1MB) |
Abstract
Belajar adalah proses bagi siswa dalam membangun gagasan atau pemahaman sendiri, maka kegiatan pembelajaran hendaknya memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan secara lancar dan termotivasi. Suasana belajar yang diciptakan guru harus melibatkan siswa secara aktif, misalnya mengamati, bertanya dan menanyakan, menjelaskan, mempraktikkan, dan sebagainya. Pemilihan model pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran harus berorientasi pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Selain itu, juga harus disesuaikan dengan jenis materi, karakteristik siswa, serta situasi atau kondisi dimana proses pembelajaran tersebut berlangsung. Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi fokus masalah penelitian skripsi ini adalah : Bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih Semester Genap di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 Tahun Pelajaran 2013/2014?, lalu sub fokus penelitiannya adalah : a. Bagaimana implementasi pendekatan konstruktivisme, Questioning, Learning Community pada mata pelajaran Fiqih semester genap kelas VIII B di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 tahun pelajaran 2013/2014 ?, b. Bagaimana implementasi pendekatan Modelling pada mata pelajaran Fiqih semester genap kelas VIII B di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 tahun pelajaran 2013/2014 ?, c. Bagaimana hasi dari pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam efektifitas pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih semester genap kelas VIII B di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 tahun pelajaran 2013/2014?. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih Semester Genap di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 Tahun Pelajaran 2013/2014 baik melalui pendekatan konstruktivisme, Questioning, Learning Community, dan Modelling. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan penentuan subyeknya menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari analisa data hasil wawancara yang dilakukan tersebut diperoleh beberapa kesimpulan yaitu : kesimpulan umum dan khusus. Secara umum dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih Semester Genap di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 Tahun Pelajaran 2013/2014 sudah berjalan dengan lancar, hal ini nampak dari penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning disekolahan tersebut yang sudah tidak lagi bersifat konvensional dengan adanya undang-undang baru dan fasilitas yang mendukung untuk proses pembelajaran, serta dengan adanya sertifikasi guru, maka para guru di MTsN Jember 1 sudah digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix banyak menggunakan pembelajaran aktif. Sedangkan kesimpulan khususnya: Implementasi Pendekatan Konstruktivisme, Questioning, Learning Community pada Mata Pelajaran Fiqih Semester Genap di MTsN Jember I Tahun Pelajaran 2013/2014, dalam proses pembelajaran tiga pendekatan tersebut pada mata pelajaran fiqih sangat berkaitan, sehingga dengan model pembelajaran CTL ini siswa yang ada di MTsN Jember 1 akan mudah mencerna dan memahami materi pelajaran yang banyak dan padat tersebut sehingga penerapan dan pemahaman siswa akan memproduk mereka menjadi siswa yang kritis dan kreatif. Sedangkan penerapan Pendekatan Modelling Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN Jember 1, siswa sangat senang karena mempraktikkan materi tersebut disuasana yang sebenarnya. Dengan melibatkan keseluruhan siswa dan dengan adanya inovasi yang baru pada pembelajaran sehingga suasana kelas akan menjadi aktif, efektif dan menyenangkan. Dan Hasil dari Implementasi pendekatan CTL dalam Efektivitas Pembelajaran Pada mata pelajaran fiqih di MTsN Jember 1 sudah efektif dan efesien, karena siswa sudah dibawa untuk memproses informasi atau pengetahuan baru sedemikian rupa sehingga dapat terserap kedalam benak mereka dan mereka mampu menghubungkannya dengan kehidupan nyata yang ada di sekitar mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 07:30 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 07:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20677 |
Actions (login required)
View Item |