Persaingan Usaha Pasar Tradisional dengan Pasar Modern Waralaba di Kec. Puger Kab. Jember dalam Perspektif UndangUndang No. 5 Tahun 1999

Melindasari, Ms. (2018) Persaingan Usaha Pasar Tradisional dengan Pasar Modern Waralaba di Kec. Puger Kab. Jember dalam Perspektif UndangUndang No. 5 Tahun 1999. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Melindasari_083142031.pdf

Download (4MB)

Abstract

Semakin banyak bermunculannya pasar-pasar modern di Kecamatan Puger, tentu saja menjadi saingan berat bagi para pedagang di pasar tradisional, selain memilih tempat yang strategis dengan juga tidak jarang keberadaannya berdekatan dengan jarak pasar tradisional, sehingga membuat persaingan untuk mendapatkan pangsa pasar dan konsumen sangat dirasakan bagi keduanya baik bagi pasar tradisional dan pasar modern. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana praktik persaingan usaha antara pasar tradisional dengan pasar modern khususnya minimarket waralaba di Kec. Puger Kab. Jember?, 2) Bagaimana perlindungan hukum terhadap kelangsungan usaha dari pelaku usaha di pasar tradisional dengan semakin maraknya pelaku usaha di pasar modern menurut UU No.5 Tahun 1999? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana praktik persaingan usaha antara pasar tradisional dengan pasar modern khususnya minimarket waralaba di Kec. Puger Kab. Jember dan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap kelangsungan usaha dari pelaku usaha di pasar tradisional dengan semakin maraknya pelaku usaha di pasar modern menurut UU No.5 Tahun 1999 Tentang Larangan Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan maupun lisan dari orang-orang yang diamati. Penelitian ini menggunakan menggunakan teknik Purposive Sampling yang merupakan tehknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, sedangkan pengumpulan datanya dengan melakukan observasi dan interview. Hasil penelitian yang terkumpul kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan deskriptif, selanjutnya untuk melihat keabsahan/validitas datanya menggunakan triangulasi sumber. Peneliti memperoleh kesimpulan dari hasil penelitian bahwa: 1) Pada umumnya persaingan usaha yang terjadi diantara pedagang yang berjualan seperti bahan pokok, sembako dan produk kebutuhan sehari-hari di antara pasar tradisional dengan pasar modern seperti minimarket Alfamart dan Indomaret masih dikatakan wajar, meskipun sebagian besar dari pedagang pasar tradisional mengungkapkan bahwa berdirinya minimarket berdampak pada kurangnya konsumen dan penurunan omzet penjualan. Praktik persaingan usaha yang terjadi diantaranya ialah tempat atau kenyamanan dalam berbelanja, harga dan promo, pelayanan, serta kualitas produk. dimana dari praktik persaingan usaha yang terjadi tersebut masih ada sebagian pedagang pasar tradisional yang masih bisa bertahan, dikarenakan masih memiliki konsumen tetap sehingga tidak mengalami penurunan omzet. Serta beberapa pedagang pasar tradisional mengungkapkan bahwa penyebab utama dari penurunan jumlah konsumen/pembeli dan omzet penjualan pedagang pasar tradisional ialah dikarenakannya musim paceklik atau digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix hasil laut yang tidak panen (kondisi laut yang sepi) dan banyaknya pesaing di dalam pasar sendiri. 2)Perlindungan hukum yang diberikan oleh Undang-Undamg Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat terhadap kelangsungan usaha dari pelaku usaha di pasar tradisional sehubungan dengan semakin maraknya pelaku usaha di pasar modern didasarkan pada asas dan tujuan dari pembentukan Undang-Undang Persaingan Usaha sendiri yang tercantum di dalam Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Persaingan Usaha. Dengan KPPU sebagai badan untuk mengawasi setiap tingkah laku/kegiatan para pelaku usaha. Kata Kunci : Persaingan Usaha, Pasar Tradisional, Pasar Modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:30
Last Modified: 20 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20682

Actions (login required)

View Item View Item