Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan Guru Agama Islam dan Budaya Islami Madrasah terhadap Religiusitas Siswa di MAN se Kabupaten Jember

Mudrikah, Ms. (2017) Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan Guru Agama Islam dan Budaya Islami Madrasah terhadap Religiusitas Siswa di MAN se Kabupaten Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. MUDRIKAH_0849315018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : Kompetensi Kepemimpinan, Budaya Islami, Religiusitas Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan. Begitu juga dengan budaya madrasah yang dapat membentuk kebiasaan baik siswa. Semestinya ketika Guru memiliki kompetensi yang bagus dan budaya Isami di Madrasah juga bagus, akan menghasilkan siswa-siswi yang religiusitasnya bagus. Namun faktanya masih ditemui siswa-siswi yang harus selalu diingatkan ketika kegiatan salat duhur berjamaah, berpacaran, belum memiliki kesadaran mencari ilmu, dan lain-lain. Kemudian muncul pertanyaan, apakah benar guru agama Islam dapat mempengaruhi siswanya untuk menjalankan perintah agama? dan apakah benar melalui budaya islami yang diterapkan di madrasah dapat mengembangkan religiusitas siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah, yaitu apakah terdapat pengaruh antara kompetensi kepemimpinan guru agama Islam (X1), budaya Islami madrasah (X2), dan religiusitas siswa (Y). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proporsional Random Sampling sejumlah 249 dari 996 siswa di Madrasah Aliyah Negeri se kabupaten Jember. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil Analisis menunjukkan bahwa; 1) pengaruh Kompetensi Kepemimpinan Guru Agama Islam terhadap Religiusitas Siswa di MAN se Kabupaten Jember adalah positif signifikan, dengan pengaruh sebesar 9,25%; 2) pengaruh Budaya Islami Madrasah terhadap Religiusitas Siswa di MAN se Kabupaten Jember adalah positif signifikan, dengan pengaruh sebesar 8,04%; 3) pengaruh Kompetensi Kepemimpinan Guru Agama Islam dan Budaya Islami Madrasah terhadap Religiusitas Siswa di MAN se Kabupaten Jember adalah positif signifikan, dengan pengaruh sebesar 17,3%. Saran penelitian ini adalah perlu adanya variasi penggunaan metode dan strategi pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan guru harus lebih tegas dalam memberikan sanksi bagi siswa yang tidak menaati tata tertib di madrasah agar budaya yang ada di madrasah dapat berjalan secara kontinyu dan konsisten.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:31
Last Modified: 20 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20687

Actions (login required)

View Item View Item