Sulfiana, Ms. (2017) Analisis Penerapan Key Performance Indicator (KPI) pada Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Genteng. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ms. Sulfiana_083133032.pdf Download (2MB) |
Abstract
Islam mendorong umatnya untuk memberikan semangat dan motivasi bagi pegawai dalam menjalankan tugas mereka. Kinerja dan upaya mereka harus diakui jika memang bekerja dengan baik. Pegawai yang menunjukkan kinerja baik, bisa diberi bonus atau insentif guna menghargai prestasi yang telah dicapaianya. Key Performance Indicator (KPI) adalah salah satu metode untuk melihat apakah kinerja pegawai yang sudah efektif atau masih perlu perbaikan-perbaikan. Dalam hal ini penerapan KPI sudah berjalan dengan baik yaitu ditunjukkan dengan tidak pernah ada kasus yang pernah dilakukan oleh bagian operasional, sedangkan bagian bisnis menunjukkan adanya pertumbuhan pembiayaan sebagai indikasi atas perolehan laba perusahaan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: a) Bagaimana Konsep Penerapan Key Performance Indicator (KPI) pada Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Genteng, b) Bagaimana Penerapan Key Performance Indicator (KPI) pada Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Genteng. Tujuan penelitian ini adalah: a) Untuk mendeskripsikan konsep penerapan KPI di Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Genteng, b) Untuk memahami dan mendeskripsikan penerapan KPI di Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Genteng. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research, yaitu penelitian ini lebih menitikberatkan kepada hasil pengumpulan data dari informan yang telah ditentukan di Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Genteng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep penerapan KPI yang digunakan adalah penetapan target dan pembobotan yang telah ditetapkan langsung oleh kantor pusat BRI Syariah Jakarta, penilaian kinerja yang dilakukan oleh individu karyawan pada setiap jabatan dilakukan melalaui sistem online, serta evaluasi atas pencapaian target dilakukan oleh pimpinan cabang pembantu dan branch operation supervisor, sedangkan penerapan KPI dilakukan berdasarkan metode balanced scorecard yaitu dengan mempertimbangkan empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Kata kunci: Penerapan Key Performance Indicator
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 09:01 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 09:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20737 |
Actions (login required)
View Item |