Agustini, Dewi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kerja Sama Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
Dewi Agustini NIM T20197013.pdf Download (6MB) |
Abstract
Dewi Agustini, 2023: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A
Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kerja Sama
Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di SMP Plus Darus
Sholah Jember.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Macth, Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis, Kerja Sama, Pertidaksamaan Linear Satu variabel
Permasalahan yang ada di SMP Plus Darus Sholah ialah kesulitan dalam
memahami konsep dari materi yang telah dipelajari serta minimnya kerja sama
antar siswa yang satu dengan yang lainnya. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa
yang masih banyak dibawah KKM. Penyebab dari permasalahan tersebut
dikarenakan kurang variatifnya model pembelajaran yang digunakan dalam
kegiatan belajar mengajar.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol sebelum dan sesudah tanpa
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebelum dan
sesudah diterapkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a
match? 2) Bagaimana kerja sama siswa kelas kontrol sebelum dan sesudah tanpa
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan kerja sama
siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah diterapkan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match? 3) Apakah terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap pemahaman konsep matematis
siswa pada materi pertidaksamaan linear satu variabel? 4) Apakah terdapat
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kerja sama
siswa pada materi pertidaksamaan linear satu variabel?.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan angket,
tes dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan
statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial uji t dengan uji pra-syarat
uji normalitas dan uji homogenitas.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Adanya perbedaan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah tanpa dan
diterapkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat
dilihat dari rata-rata di kelas kontrol sebesar 26,8% dan di kelas eksperimen
meningkat sebesar 41,3%. 2) Adanya perbedaan kerja sama siswa sebelum dan
sesudah tanpa dan diterapkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
make a match di kelas kontrol sebesar 59,4% dan kelas eksperimen meningkat
sebesar 81,3%. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a
match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan nilai sig.
0,005 < 0,05. 4) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a
match terhadap kerja sama siswa dengan nilai sig. 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Dewi Agustini |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 07:01 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 07:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20757 |
Actions (login required)
View Item |