Pengaruh Pemahaman Materi Akhlak Mahmudah Di Tengah Krisis Moral Terhadap Sikap Santri Putri Di Pondok Pesantren AlQidiri 1 Jember.

Hasanah, Lutfi Lailatul (2015) Pengaruh Pemahaman Materi Akhlak Mahmudah Di Tengah Krisis Moral Terhadap Sikap Santri Putri Di Pondok Pesantren AlQidiri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lutfi Lailatul Hasanah_084111052.pdf

Download (3MB)

Abstract

Akhlak merupakan perbuatan manusia yang bersumber dari dorongan jiwa manusia. Bila jiwa tersebut tumbuh menjadi jiwa yang positif maka akan melahirkan tingkah laku yang baik, begitupun sebaliknya. Maka dari itu penting sekali untuk seorang santri mempunyai akhlak yang baik. Agar santri mempunyai akhlak yang baik yaitu dengan cara memahami akhlak mahmudah. Kemampuan memahami materi akhlak mahmudah sangat berpengaruh terhadap sikap agar santri dapat bependirian teguh. Agar seseorang dapat memiliki sikap yang baik dan faham tentang akhlak mahmudah maka seseorang haruslah belajar disebuah lembaga pendidikan, baik itu lembaga pendidikan formal maupun lembaga pendidikan non formal. Seperti halnya dipondok pesantren al- qodiri 1 jember, yang mana pondok tersebut sudah menyediakan fasilitas yang memadai agar santri dapat mempunyai wawasan yang luas. Selain itu santri juga mendapatkan materi pelajaran akhlak memalui majlis taklim dan motivasi yang diberikan setelah solat jamaah oleh kiyai. Dengan begitu pondok berharap santrinya mempunyai sikap yang baik, tetapi hal tersebut malah berbalikdari harapan, banyak sekali dijumpai santri yang memiliki sikap tidak baik hal itu dikarenakan santri merasa dirinya terkekang oleh peraturan yang terlalu banyak sehingga sikapnya semakin brutal. Sesuai dengan latar belakang tersebut dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu Bagaimana pengaruh pemahaman materi akhlak mahmudah terhadap sikap santri putri di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemahaman materi akhlak mahmudah terhadap sikap santri putri di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah field researech. Sedangkan penentuan populasi dan sampel diambil dengan menggunakan teknik proportional randem sampling, analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus Chi Kuadrat. = Berdasarkan dari analisis Chi Kuadrat diperoleh hasil 1.27 sedangkan derajat kebebasan (db) untuk tabel baris x baris kolom adalah = 1. Berdasarkan db= 1, maka taraf signifikansi hasilnya ternyata Chi kuadrat lebih kecil dari taraf signifikansi/ harga kritiknya (1.27< 3.841). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara pemahaman materi akhlak mahmudah ditengah krisis moral terhadap sikap santri putri di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:44
Last Modified: 21 Mar 2023 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20776

Actions (login required)

View Item View Item