Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Terhadap Pemberian Gaji di Bawah Upah Minimum Kabupaten Perspektif UU No.13 Tahun 2003 dan Maslahah Mursalah (Studi Kasus Perusahaan Gagak Hitam Desa Pakuniran Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso)

Rofiqi, Muhammad (2019) Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Terhadap Pemberian Gaji di Bawah Upah Minimum Kabupaten Perspektif UU No.13 Tahun 2003 dan Maslahah Mursalah (Studi Kasus Perusahaan Gagak Hitam Desa Pakuniran Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Rofiqi_083 142 086.pdf

Download (15MB)

Abstract

Perlindungan hukum bagi tenaga kerja adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum,selama, dan masa kerja. Perlindungan ini bermaksud untuk menyetarakan antara pemberi kerja dan tenaga kerja agar tidak terjadi praktek yang merugikan salah satu pihak salah satunya di perusahaan gagak hitam perusahaan ini ada indikasi menggaji tenaga kerjanya di bawah upah minimum sedangkan didalam undang-undang tidak boleh menggaji tenaga kerja di bawah upah minimum. Praktek tersebut telah melanggar UU No.13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan. Maka dari itu penaliti sangat tertarik dengan fenomena seperti ini untuk di teliti karena ke tidak sesuai dengan sebenarnya. Penalitian ini juga sebagai tambahan keilmuan tentang upah dalam ketenaga kerjaan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana sistem pemberian upah di Perusahaan Gagak Hitam di Desa Pakuniran Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana perlindungan hukum bagi tenaga kerja terhadap pemberian gaji di bawah upah minimum perspektif UU Nomor 13 tahun 2003 di Perusahaan Gagak Hitam di Desa Pakuniran Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso? 3) Bagaimana perlindungan hukum bagi tenaga kerja terhadap pemberian gaji di bawah Upah Minimum perspektif Maslahah Mursalah di Perusahaan Gagak Hitam di Desa Pakuniran Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso? Tujuan penalitian ini adalah: 1) Untuk mengatahui sistem pemberian upah/gaji di Perusahaan Gagak Hitam. 2) Untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum bagi tenaga kerja terhadap pemberian gaji di bawah Upah Minimum menurut UU Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan di Perusahaan Gagak Hitam. 3) Untuk mengetahui bangaimana perlindungan hukum bagi tenaga kerja yang gajinya di bawah Upah Minimum menurut Maslahah Mursalah. Penelitian ini merupakan penalitian yuridis empiris yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan dimasyarakat, penelitian ini yang dilakukan terhadap keadaan sebenarna atau keadaan nyata yang terjadi di masyarakat. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) sistem pembayaran upah di perusahaan gagak hitam ini ada dua sistem yang pertama dengan sistem mingguan atau borongan, yang kedua menggunakan sistem bulanan 2) pemberian gaji di bawah upah minimum di perusahaan gagak hitam ini telah melanggar pasal 90 UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan 3) pemberian gaji dibawah upah minimum kabpaten sangatlah mengandung kemudaratan (tidak maslahah) bagi tenaga kerja karena dapat merugikan tenaga kerja yang tidak sesuai dengan salah satu tujuan syariat Islam yaitu tidak menjaga jiwa (hifdun nafs).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:45
Last Modified: 21 Mar 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20778

Actions (login required)

View Item View Item