Interaksi Guru dengan Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Kecamatan Semboro Jember (Analisa Tafsir Tarbawi Surat Abasa 1-10)

Asrori, Mohammad Maki (2017) Interaksi Guru dengan Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Kecamatan Semboro Jember (Analisa Tafsir Tarbawi Surat Abasa 1-10). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Maki Asrori_084 131 063.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: PolaInteraksi Guru dengan Peserta Didik, SuratAbasa 1-10. Hubungan guru dengan peserta didik didalam proses belajar mengajar merupakanf aktor yang sangat menentukan. Bagaimanapun baiknya bahanpelajaran yang di berikan dan sempurnanya metode yang digunakan, namun jika interaksi guru dengan murid tidak harmonis, maka dapat menciptakan suatu yang tidak di inginkan. Rumusan masalah dari penulisan skripsi ini adalah :(1)Bagaimana pelaksanaan interaksi guru dengan pesertadidik dalam kandungan surat abasa 1- 10 di Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Semboro Jember tahun pelajaran 2017/2018? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pola interaksi guru dengan Peserta didik dalam kandungan surat abasa 1-10 di Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Semboro Jember tahun pelajaran 2017/2018? Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Menentukan subyek menggunakan Purposive Random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang terdiri dari Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) pelaksanaan interaksi guru dengan peserta didik di MTs Hasanuddin Semboro dalam kandungan surat Abasa ayat 1- 10, bahwasanya guru selalu memberikan rasa yang dekat kepada peserta didiknya dengan rasa sabar, kasih sayang, adil kepada peserta didiknya dan menegur peserta didiknya yang melakukan kesalahan dengan cara memberi nasehat yang lembut serta sopan agar tidak terulang kesalahan-kesalahan yang di perbuat , guru dan peserta didik harus saling terbuka dalam melaksankan kegiatan apa saja di madrasah, guru dan peserta didik juga harus memberikan perilaku timbal balik dalam kegiatan apapun di Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Semboro. (2) faktor pendukung interaksi guru dengan peserta didik di MTs Hasanuddin Semboro peserta didik harus mempunyai sifat terbuka kepada bapak ibu guru, guru menjadi pendidik, fasilitator, pengajar, pemimpin dan menjadi pengganti orangtua di rumah harus mempersiapkan materi yang dapat di terima dengan mudah oleh peserta didiknya dan adanya kedekatan oleh guru kepada peserta didik, begitu juga sebaliknya. Sedangkan faktor penghambat interaksi guru dengan peserta didik di MTs Hasanuddin Semboro, setiap peserta didik mempunyai kepribadian yang berbeda beda guru di harapkan lebih bisa memahami setiap karakter dari peserta didiknya agar terjadi interaksi yang baik dan murid tidak merasa canggung untuk terbuka kepada guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:46
Last Modified: 21 Mar 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20781

Actions (login required)

View Item View Item