Fentina, Feronika Sari (2023) Implementasi Program Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Bakat Minat Siswa di Madrasah Tsanawiyah Mamba'ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Fentina Feronika Sari_T20193028.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi Program Bimbingan Konseling, Bakat Minat. Madrasah
Tsanawiyah Mamba’ul Huda
Bimbingan dan Konseling di Madrasah memiliki peran penting dalam membantu
siswa dalam mencapai tugas-tugas perkembangan sebagaimana telah tercantum dalam
SKKPD (Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik Dan Kompetensi Dasar). Dalam
upaya mendukung pencapaian tugas tersebut, program bimbingan dan konseling
dilaksanakan secara utuh dan kolaboratif dengan seluruh stalkeholder madrasah. Dengan
berbagai keunggulan yang dimiliki, program bimbingan dan konseling yang diselenggarakan
di Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Huda berkomitmen untuk membantu penyelesaian
berbagai problem yang dialami siswa, termasuk memfasilitasi pencapaian optimal dari bakat
dan minat yang dimiliki siswa.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program
bimbingan dan konseling dalam mengembangkan bakat dan minat siswa di Madrasah
Tsanawiyah Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan
program bimbingan dan konseling dalam mengembangkan bakat dan minat siswa di
Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi? 3)Bagaimana
evaluasi program bimbingan dan konseling dalam mengembangkan bakat dan minat siswa di
Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi?
Tujuan penelitain ini adalah: 1)Untuk mengetahui bagaimana perencanaan program
bimbingan dan konseling dalam mengembangkan bakat dan minat siswa di Madrasah
Tsanawiyah Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi. 2)Untuk mengetahui
bagaimana pelaksanaan program bimbingan dan konseling dalam mengembangkan bakat
dan minat siswa di Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi.
3)Untuk mengetahui bagaimana evaluasi program bimbingan dan konseling dalam
mengembangkan bakat dan minat siswa di Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Huda Krasak
Tegalsari Banyuwangi .
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus.
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan metode interaktif Miles dan Huberman dengan langkah-
langkah berikut pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi sumber dan
trianggulasi teknik.
Hasil penelitian adalah :1) Dalam perencanaan melibatkan berbagai pihak sekolah
dan menganalisis kebutuhan siswa, merencanakan sarana dan prasarana serta anggaran biaya
operasional. 2) Dalam pelaksanaan dilakukan secara klasikal atau didalam kelas dan diluar
kelas baik mushola maupun ruang BK. 3) Dalam proses evaluasi dilakukan setelah adanya
beberapa pertemuan antara guru BK dengan siswa, evaluasi program bimbingan dan
konseling melibatkan stalkeholder madrasah dan evaluasi diadakan setiap satu minggu,
bulan dan tahun. Untuk evaluasi keseluruhan layanan menggunakan raport kepribadian,
untuk melihatnya berdasarkan SKKPD, sistimnya pengamatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Fentina Feronika Sari |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 06:49 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 06:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20786 |
Actions (login required)
View Item |