Suwarno, Suparjo Adi (2018) Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Kec. Silo Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Suparjo Adi Suwarno_0849116036.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pengembangan Kurikulum, Mutu Madrasah Pengembangan kurikulum telah mendapatkan payung hukum yang jelas,yakni dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 butir 19 yang menjelaskan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu, sehingga kurikulum merupakan salah satu komponen pokok aktivitas pendidikan, dan merupakan penjabaran idealisme, cita-cita, tuntutan masyarakat, atau kebutuhan tertentu. Fokus penelitian ini membahas 1) bagaimana proses pengembangan kurikulum dalam meningkatan mutu madrasah, 2) bagaimana pengembangan struktur kurikulum dalam meningkatkan mutu Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Silo. Bagaimana partisipasi stakeholders (pemangku kepentingan) dalam pengembangan kurikulum Tujuan penelitian ini 1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan kurikulum, 2) mendeskripsikan pengembangan struktur kurikulum dan, 3) mendeskripsikan partisipasi stakeholders (pemangku kepentingan) dalam pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Silo Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles – Huberman yaitu : Reduction data, data display dan conclusion drawing/ verification. Uji keabsahan data menggunakan alat uji yakni credibility (Uji Kredibilitas) menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan kurikulum di MA.Bahrul Ulum dilaksanakan melalui proses manajemen kurikulum yaitu perencanaan, implementasi dan evaluasi kurikulum. Sedangkan pengembangan struktur kurikulum dilakukan pada dua mata pelajaran yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab meliputi pengembangan standar kompetensi, sumber pembelajaran dan metode serta evaluasi pembelajaran. Partisipasi stakeholder diwujudkan dalam bentuk pengawasan, pemikiran, pemberian motivasi dan bantuan finansial,baik oleh komite madrasah maupun orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 06:47 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 06:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20793 |
Actions (login required)
View Item |