Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Problematika Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum 2013 Di SMA Negeri 4 Jember.

Musyarofah, Ulus Wijiyanti (2015) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Problematika Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum 2013 Di SMA Negeri 4 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulus Wijiyanti Musyarofah_084 111 233.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum sangat penting dalam dunia pendidikan karena merupakan kunci utama untuk mencapai kesuksesan dalam duia pendidikan. Kurikulum merupakan salah satu komponen pendidikan yang memiliki peran penting , kurikulum dapat dijadikan acuan atau pedoman dalam kegiatan belajar mengajar. Kurikulum merupakan inti dari bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan, mengingat pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan kehidupan manusia, agar kurikulum berjalan secara efektif tentunya harus ditopang oleh kesiapan sumber daya terutama sumber daya manusia yang tersedia disekolah. Fokus yang diambil dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimanakah peran guru PAI sebagai pembimbing dalam mengatasi problematika penerapan pembelajaran PAI berbasis kurikulum 2013 Di SMA Negeri 4 Jember? Kedua, Bagaimanakah peran guru PAI sebagai fasilitator dalam mengatasi problematika penerapan pembelajaran PAI berbasis kurikulum 2013 Di SMA Negeri 4 Jember? Ketiga, Bagaimanakah peran guru PAI sebagai motivator dalam mengatasi problematika penerapan pembelajaran PAI berbasis kurikulum 2013 Di SMA Negeri 4 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pembimbing dalam mengatasi problematika penerapan pembelajaran PAI berbasis kurikulum 2013 Di SMA Negeri 4 Jember kedua, Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru PAI sebagai fasilitator dalam mengatasi problematika penerapan pembelajaran PAI berbasis kurikulum 2013 Di SMA Negeri 4 Jember ketiga, Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru PAI sebagai motivator dalam mengatasi problematika penerapan pembelajaran PAI berbasis kurikulum 2013 Di SMA Negeri 4 Jember. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan p endekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMAN 4 Jember. Subyek penelitian dengan teknik purposive sampling, dengan menggunakan teknik purposive sampling maka yang diambil sebagai sumberdata dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam,waka kurikulum, siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi partisipatif, dokumentasi, dan wawancara bebas terpimpin. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga alur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Validitas data dengan triangulasi sumber. Dari penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Problematika Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasi Kurikulum 2013 Di SMA Negeri 4 Jember, telah berjalan atau diterapkan deng an baik. Hal ini dibuktikan dengan pengfungsian peranan guru yang telah dijalankan dengan sebaik mungkin oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Jember, dalam mengatasi berbagai problematika penerapan kurikulum 2013. Peranan guru pendidikan agama Islam SMAN 4 Jember yang dilaksanakan untuk mengatasi problematika tersebut adalah pertama, peranan guru sebagai pembimbing yang difungsikan dengan cara merumuskan tujuan, menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, guru harus mampu memberikan kesimpulan yang berarti, dan yang terakhir guru hendaknya melakukan penilaian dan mampu memberikan contoh perilaku serta perkataan yang baik kepada peserta didik. Kedua, peran guru sebagai fasilitator yang difungsikan dengan cara mendownload buku pegangan guru dan siswa yang sudah disediakan oleh pemerintah, serta memberikan pembelajaran dengan metode diskusi yang memberikan peserta didik untuk bertanya dan berpendapat. Ketiga, peran guru sebagai motivator memberikan pujian, memberikan hadiah, dan memberikan nilai yang baik. Pengaplikasian tiga peranan guru pendidikan agama Islam tersebut yang mampu mengatasi segelintir permasalahan problematika penerapan kurikulum 2013 di SMAN 4 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:47
Last Modified: 21 Mar 2023 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20795

Actions (login required)

View Item View Item