Pembelajaran Tauhid melalui Kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018.

Syah, Abdi Lazuardy (2018) Pembelajaran Tauhid melalui Kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdi Lazuardy Syah_084 121 418.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemorosotan moral yang melanda masyarakat kita saat ini terutama dikalangan generasi muda sangat memprihatinkan. Hal ini adalah dampak dari perkembangan yang tidak diimbangi dengan kesiapan mental dan spiritual dalam mengkonsumsi dan memanfaatkan teknologi modern. Secara garis besar penyebab utamanya ialah merebaknya teknologi modern di masyarakat yang semakin sulit dikontrol. Padahal, sebenarnya kemajuan teknologi harus diimbangi dengan penanaman iman dan taqwa melalui pembinaan kecerdasan spiritual yang lebih intensif. Terutama terhadap para pelajar kita sebagai penerus bangsa. Melihat kenyataan ini lembaga pendidikan SMA Unggulan BPPT Darus Sholah jember membuat inovasi demi meningkatkan pengetahuan agama khususnya pengetahuan Tauhid, dengan cara penggunaan kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah sebagai kitab rujukan. Yang menarik adalah sekolah ini menambahkan pembelajaran Tauhid pada satu mata pelajaran yang terpisah, padahal materi tauhid menjadi sub-materi dalam pelajaran Aqidah Akhlaq. Berdasarkan dari latar belakang diatas maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tauhid melalui kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tauhid melalui kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018 ? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tauhid melalui kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tauhid melalui kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tauhid melalui kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tauhid melalui kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan sumbernya adalah Purposive Sampling sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan content analysis. Metode analisa data kualitatif deskriptif menggunakan Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan serta keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan Pembelajaran Tauhid melalui kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018, bahwa perencanaan pembelajaran Tauhid masih terlihat kurang baik, dikarenakan pada lapangan terlihat guru tidak memaksimalkan pembuatan perencanaan pembelajaran. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Tauhid melalui kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018. bahwa pelaksanaan Pembelajaran Tauhid melalui kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah sudah cukup baik, hal ini terlihat pada usaha guru dalam mengajar telah mempersiapkan materi dengan matang. 3) Evaluasi Pembelajaran Tauhid melalui kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2017/2018, bahwa pelaksanaan Evaluasi Tauhid melalui kitab Jawâhir Al-Kalâmiyah kurang baik. Evaluasi yang dihunakan guru belum mampu mengukur tingkat kepahaman dan kelimuan para siswanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 09:21
Last Modified: 21 Mar 2023 09:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20802

Actions (login required)

View Item View Item