Maghfiroh, Hikamatul (2018) Peran Keluarga dalam Pembentukan Kepedulian Sosial Anak di Dusun Gaplek Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Hikamatul Maghfiroh_084 131 505.pdf Download (3MB) |
Abstract
Keluarga sebagai pendidik pertama dan utama yang paling bertanggung jawab terhadap anak-anaknya, hendaknya selalu memperhatikan dan membimbing anakanaknya khususnya bimbingan dan didikan yang berhubungan dengan kepedulian sosial karena nilai-nilai dari pendidikan sosial mempunyai peran yang sangat besar dalam membentuk pandangan hidup seseorang dan mengembangkan karakter anak. Fokus Penelitian yang diteliti di skripsi adalah: 1) Bagaimana peran keluarga sebagai pendidik dalam pembentukan kepedulian sosial anak di Dusun Gaplek Desa Suci Kecamatan Panti kabupaten Jember Tahun 2018? 2) Bagaimana peran keluarga sebagai penghubung dengan masyarakat dalam pembentukan kepedulian sosial anak di Dusun Gaplek Desa Suci Kecamatan Panti kabupaten Jember Tahun 2018? 3) Bagaimana peran keluarga sebagai pembina kehidupan religius dalam pembentukan kepedulian sosial anak di Dusun Gaplek Desa Suci Kecamatan Panti kabupaten Jember Tahun 2018? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan peran keluarga sebagai pendidik dalam pembentukan kepedulian sosial anak di dusun Gaplek Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun 2018; 2) Mendeskripsikan peran keluarga sebagai penghubung dengan masyarakat dalam pembentukan kepedulian sosial anak di Dusun Gaplek Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun 2018; 3) Mendeskripsikan peran keluarga sebagai pembina kehidupan religius dalam pembentukan kepedulian sosial anak di Dusun Gaplek Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun 2018 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang dilakukan, yaitu: 1) Peran keluarga sebagai pendidik dalam pembentukan kepedulian sosial anak di Dusun Gaplek dengan memberikan teladan kepada anaknya seperti menyapa tamu serta bersalaman ketika ada tamu di rumahnya, mengajarkan anak seperti bersalaman kepada orang tua ketika berangkat ke sekolah maupun sesudah pulang sekolah, mengajarkan mereka untuk tidak berbohong, serta mengajarkan anaknya untuk disiplin seperti merapikan tempat tidurnya sendiri, langsung mengganti baju ketika pulang sekolah dan tidur tidak terlalu malam. 2) Peran keluarga sebagai penghubung dengan masyarakat dalam pembentukan kepedulian sosial anak dengan mengajak anak ke acara tahlil, mengucapkan salam ketika bertamu ke rumah orang lain, memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan, memberi teladan kepada anak, mengajak mampir kepada teman dan tetangga yang lewat di depan rumah, mengucapkan permisi ketika lewat di depan rumah tetengga agar anak dapat mengenali tetangga disekitarnya. 3) Peran keluarga sebagai pembina kehidupan religius dalam pembentukan kepedulian sosial anak di Dusun Gaplek diantaranya orang tua mengajarkan anaknya untuk melakukan sholat dan menyegerakan waktu sholat, orang tua juga mengajarkan kepada anaknya untuk melakukan sholat secara berjamaah, mengajarkan kepada anak untuk berbagi makanan kepada temannya, selain itu orang tua juga membiasakan anak untuk berpuasa di bulan Ramadhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 08:22 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 08:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20867 |
Actions (login required)
View Item |