Rachmanto, Arif Budi (2015) Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Efektifitas Penggunaan Metode Dirosati Di TPQ LP Ma’arif NU Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
ARIF BUDI RACHMANTO_084 101 007.pdf Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh peran seorang guru yaitu bahwasannya guru itu sosok yang patut digugu dan ditiru. Ini menandakan bahwasannya guru sangat penting dalam dunia pendidikan dan bertanggung jawab penuh terhadap keberhasilan peserta didiknya. Berdasarkan Undang Undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 1 Ayat 10 dan PP No. 19 thn 2005, serta peraturan mentri pendidikan nasional No. 16 thn 2005 kompetensi guru penting untuk mencapai standar kualitas (pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian). Adapun dalam PBM Al Qur’an seorang guru memerlukan sebuah metode mengajar seperti kitab Dirosati. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah “Adakah Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Efektifitas Penggunaan Metode Dirosati Di TPQ LP Ma’arif NU Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?” yang sub pokok masalahnya adalah kompetensi pedagogik guru, profesional, sosial dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara Kompetensi Guru terhadap Efektifitas Penggunaan Metode Dirosati Di TPQ LP Ma’arif NU Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 khususnya untuk mengetahui adanya pengaruh antara kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian guru terhadap efektifitas penggunaan metode dirosati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field Research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 28 responden guru dan 252 responden siswa dengan menggunakan Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, angket dan tes lisan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus Korelasi Pearson Product-Moment [( ) ( ) ][( ) ( ) ] 2 2 2 2 . . . . N X X N Y Y N XY X Y Rxy Σ − Σ Σ − Σ Σ − Σ Σ = dan didapatkan hasil kompetensi pedagogik (r)= 0,417 (ada hubungan/pengaruh yang cukup kuat), kompetensi profesional (r)= 0,668 (ada hubungan/pengaruh yang kuat), kompetensi sosial (r)= 0,523 (ada hubungan/pengaruh yang cukup kuat), kompetensi kepribadian (r)= 0,392 (ada hubungan/pengaruh yang rendah), dan untuk kompetensi guru keseluruhan didapatkan hasil rxy = 0,715 yang artinya ada pengaruh kompetensi guru terhadap efektifitas penggunaan metode dirosati di TPQ LP Ma’arif NU Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015 (Ha diterima), dengan interpretasi pengaruh yang kuat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 08:23 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 08:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20884 |
Actions (login required)
View Item |