Kumalasari, Citra (2015) Penggunaan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Pesanggaran Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
CITRA KUMALASARI_084 111 364.pdf Download (3MB) |
Abstract
Secara substansial, mata pelajaran Fiqih memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan dan menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan manusia itu sendiri, sesama manusia, makhluk lainya atau lingkungannya. Dalam penyampaian ilmu pengetahuan tentang mata pelajaran Fiqih, seseorang guru akan lebih mudah dalam penyampaian tujuan yang diharapkan apabila menggunakan metode dan media dalam proses kegiatan belajar mengajar Fiqih. Salah satu metode dan media pembelajaran yang sesuai mata pelajaran fiqih adalah metode demonstrasi dan media audio visual. Karena proses pembelajaran Fiqih di MAN Pesanggaran Banyuwangi ada yang menggunakan Metode demonstrasi berbantuan media audio visual, Menimbulkan ketertarikan bagi peneliti untuk melakukan penelitian tentang “Penggunaan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Pesanggaran Banyuwangi. Dari uraian di atas, maka fokus penelitian yang diangkat dalam skripsi ini adalah: Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Penggunaan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Pesanggaran Banyuwangi?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Penggunaan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Pesanggaran Banyuwangi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Dan metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Kesimpulan terkait dengan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi penggunaan Metode Demostrasi Berbantuan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Negeri Pesanggaran Banyuwangi yaitu: a) tahap perencanaan, perencanaan pembelajaran sudah dilaksanakan secara optimal. Dimana guru sudah merencanakan dalam bentuk pembutan RPP yaitu dengan menentukan tujuan pembelajaran, pemilihan bahan ajar, metode, media, alat evaluasi serta langkahlangkah pembelajaran yang disusun oleh guru melalui kegiatan kelompok kerja digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix guru, b) Pelaksanaan, pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan dengan efektif dan siswa antusias mengikuti proses pembelajaran serta pemahaman siswa dapat meningkat. Dimana dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Guru melaksanakan pembelajaran dengan terlebih dahulu menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa. Selanjutnya pada kegiatan inti, guru memberikan contoh secara audio visual melalui tayangan video sehingga siswa lebih fokus dan siswa lebih cepat menangkap apa yang dijelaskan oleh guru, dengan begitu di saat praktek dilakukan siswa tidak banyak melakukan kesalahan. Dan langkah pembelajaran terakhir guru mengadakan kegiatan konfirmasi dan evaluasi pembelajaran. c) Evaluasi yaitu hasil belajar siswa kelas X pada Bab mengurus jenazah dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media audio visual sesuai dengan tujuan pembelajaran dan mencapai ketuntasan. Dimana evaluasi yang digunakan lebih banyak menggunakan evaluasi formatif dan guru juga menggunakan evaluasi proses ketika pembelajaran berlangsung. Selain itu juga menggunakan evaluasi sumativ.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190599 Visual Arts and Crafts not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 08:24 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 08:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20890 |
Actions (login required)
View Item |