Implementasi Budaya Religius Bagi Penderita Gangguan Kejiwaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Nurul Islamiyah Dusun Sumber Wadung Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember Tahun 2018.

Nabila, Nina Nihlatun (2018) Implementasi Budaya Religius Bagi Penderita Gangguan Kejiwaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Nurul Islamiyah Dusun Sumber Wadung Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nina Nihlatun Nabila_ 084 141 522.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gangguan kejiwaan mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan dalam kehidupan mereka yang lebih baik. Penderita gangguan kejiwaan bisa mendapatkan pendidikan melalui lembaga non formal seperti Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang khusus menangani gangguan kejiwaan yang di dalamnya mengajarkan budaya religius agar mereka bisa hidup normal kembali. Budaya religius yang ditumbuh kembangkan dalam kehidupan beragama ada tiga unsur pokok yaitu akidah, ibadah, dan akhlak. Dari unsur pokok tersebut banyak diantara gangguan kejiwaan yang di LKS Nurul Islamiyah sembuh seperti manusia normal lainnya. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi penanaman akidah, ibadah dan akhlak (budaya religius) bagi penderita gangguan kejiwaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Nurul Islamiyah Dusun Sumber Wadung Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember Tahun 2018 ? 2) Bagaimana strategi implementasi budaya religius bagi penderita gangguan kejiwaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Nurul Islamiyah Dusun Sumber Wadung Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember Tahun 2018 ? 3) Bagaimana kendala-kendala budaya religius bagi penderita gangguan kejiwaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Nurul Islamiyah Dusun Sumber Wadung Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember Tahun 2018 ?. Tujuan Penelitian ini yaitu : 1) Implementasi penanaman akidah, ibadah dan akhlak (budaya religius) bagi penderita gangguan kejiwaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Nurul Islamiyah Dusun Sumber Wadung Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember Tahun 2018. 2) Strategi implementasi budaya religius bagi penderita gangguan kejiwaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Nurul Islamiyah Dusun Sumber Wadung Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember Tahun 2018. 3) Kendala-kendala implementasi budaya religius bagi penderita gangguan kejiwaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Nurul Islamiyah Dusun Sumber Wadung Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember Tahun 2018. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis field research, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tak berstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik analisis Miles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Implementasi budaya religius menggunakan tiga penanaman akidah, ibadah dan akhlak. 2) Strategi implementasi budaya religius menggunakan ceramah. 3) Kendala-kendala implementasi budaya religius adalah faktor diri sendiri dan faktor dari luar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:25
Last Modified: 24 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20905

Actions (login required)

View Item View Item