Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Bimbingan Membaca Kitab Mabadi Fiqih di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Hasanah, Siti Uswatun (2018) Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Bimbingan Membaca Kitab Mabadi Fiqih di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Uswatun Hasanah_084141158.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum muatan lokal merupakan program pendidikan yang isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam dan budaya serta kebutuhan daerah siswa tersebut, hal tersebut bertujuan untuk mempersiapkan siswa agar memiliki wawasan luas tentang keadaan lingkungan dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan nilai-nilai/aturan yang berlaku di daerahnya. Lembaga SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu menerapkan muatan lokal bimbingan membaca kitab mabadi fiqih karena memang melihat siswa yang sangat membutuhkan akan wawasan keagamaan untuk diri sendiri maupun lingkungannya. Fokus masalah yang diteliti diskripsi ini adalah :1)Apa Tujuan Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Bimbingan Membaca Kitab Mabadi Fiqih di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 ?, 2)Bagaimana Materi, Strategi dan evaluasi pengembangan kurikulum muatan lokal bimbingan membaca kitab mabadi fiqih di SMP Plus AlAmien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 ? Tujuan penelitian ini adalah : 1)Untuk mendeskripsikan tujuan pengembangan kurikulum muatan local bimbingan membaca kitab mabadi fiqih di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2)Untuk mendeskripsikan materi, Strategi dan Evaluasi pengembangan kurikulum muatan Lokal bimbingan membaca kitab mabadi fiqih di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Studi Kasus.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu:1)Tujuan pengembangan kurikulum muatan local bimbingan membaca kitab mabadi fiqih; a.Sebagai bekal dalam kehidupan masyarakat b. Siswa mampu membaca, memaknai serta memahami kitab c. Siswa mempunyai akhlakul karimah yang baik. 2)Materi yang di ajarkan sesuai dengan kitab yang di tetapkan dengan kegiatan membaca, memaknai serta memahami dengan mengacu kepada rencana pembelajaran yang sudah di buat sebelum proses pembelajaran. 3)Strategi yang di gunakan yaitu Koopeatif dengan menggunakan metode diskusi, ceramah, Sorogan serta bandongan. 4)Evaluasi yang digunakan yaitu Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, peran kepala sekolah dalam memantau kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:26
Last Modified: 24 Mar 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20924

Actions (login required)

View Item View Item