Upaya sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa korban perceraian orang tua di SMAN 1 Glenmore Kab. Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015

Fadilah, Mahatir (2015) Upaya sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa korban perceraian orang tua di SMAN 1 Glenmore Kab. Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mahatir Fadilah_084 091 115.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keluarga yang harmonis akan membentuk suatu sikap pendidikan yang bermutu tinggi. Peran orang tua dalam keluarga sangat berhubungan dengan polapola relasi yang dikembangkan terhadap anak-anaknya. Tugas orang tua dalam keluarga terhadap pendidikan anak-anaknya lebih bersifat pembentukan watak dab budi pekerti, latihan keterampilan dan pendidikan sosial seperti tolongmenolong, bersama-sama menjaga kebersihan rumah, menjaga kesehatan juga ketentraman rumah atau lain sebagainya Berdasarkan gambaran persoalan tersebut maka dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada dua kajian, yaitu fokus penelitian dan sub fokus penelitian. Fokus penelitian berisi tentang: bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa korban perceraian orang tua di SMAN 1 Glenmore tahun pelajaran 2014/2015? Sedangkan sub fokus penelitian berisi tiga point yaitu: 1) bagaimana bentuk upaya sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa korban perceraian orang tua di SMAN 1 Glenmore tahun pelajaran 2014/2015? 2) apa faktor pendukung upaya sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa korban perceraian orang tua di SMAN 1 Glenmore tahun pelajaran 2014/2015? 3) apa faktor penghambat upaya sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa korban perceraian orang tua di SMAN 1 Glenmore tahun pelajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini ada dua, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum adalah untuk mendeskripsikan upaya sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa korban perceraian orang tua di SMAN 1 Glenmore tahun pelajaran 2014/2015. Sedangkan tujuan khusus adalah 1) untuk mendeskripsikan bentuk upaya sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa korban perceraian orang tua di SMAN 1 Glenmore tahun pelajaran 2014/2015. 2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung upaya sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa korban perceraian orang tua di SMAN 1 Glenmore tahun pelajaran 2014/2015. 3) untuk mendeskripsikan faktor penghambat upaya sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa korban perceraian orang tua di SMAN 1 Glenmore tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkahlangkah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi (clonclution drawing). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dalam penelitian ini memperoleh dua kesimpulan, yaitu kesimpulan umum dan khusus. Kesimpulan umum yaitu: di SMAN 1 Glenmore peningkatan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vi minat belajar iswa korban perceraian orang tua tahun pelajaran 2014/2015 sudah baik. Hal ini diindikasikan bahwa siswa sangat antusias dengan pembelajaran yang dilakukan oleh para guru. Adapun pihak sekolah sendiri telah mengupayakan dengan berbagai bentuk , mulai dari saran dan prasarana hingga keranah psikologis siswa itu sendiri. Adapun kesimpulan khususnya yaitu : 1) Bentuk upaya sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa korban perceraian orang tua adalah memberikan perhatian lebih dalam bidang pembelajaran, peningkatan sarana dan prasarana yang menunjang 2) faktor pendukung upaya peningkatan minat belajar belajar siswa korban perceraian orang tua adalah adanya kegiatan sholat berjama’ah setiap hari senin - kamis, adzan dan iqomat yang dilakukan oleh setiap siswa secara bergiliran, adanya kegiatan mengaji setiap akan memulai pembelajaran dipagi hari, adanya kultum setelah sholat jama’ah dan dilakukan oleh siswa yang bersangkutan sebagai pengisi. 3) faktor penghambat upaya peningkatan minat belajar siswa korban perceraian orang tua adalah terdiri dari dua faktor, yaitu faktor internal dan factor eksternal. Faktor internal terdiri dari intelegensi siswa, siswa, dan motivasi siswa. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:27
Last Modified: 24 Mar 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20946

Actions (login required)

View Item View Item