Penanaman Nilai-Nilai Tasawuf Bagi Lanjut Usia Melalui Pengajian Kitab Al-Minahu Al-Saniyah Di Masjid Baiturrahman Desa Ajung Kecamatan Ajung- Jember

Mutmainah, Ms. (2017) Penanaman Nilai-Nilai Tasawuf Bagi Lanjut Usia Melalui Pengajian Kitab Al-Minahu Al-Saniyah Di Masjid Baiturrahman Desa Ajung Kecamatan Ajung- Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. MUTMAINAH_084 131 025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tasawuf merupakan ilmu tentang bagaimana cara mendekatkan diri kepada Allh SWT. Ajaran tasawuf juga terdapat pada kitab Al-Minahu AlSaniyah. yang mana kitab ini cocok untuk orang yang belum mengetahui tasawuf sebelumnya. Dari latar belakang diatas maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam penelitian ini: 1. Bagaimana penanaman nilai-nilai Tasawuf dengan melakukan Mujahadah bagi lansia melalui Pengajian Kitab Al-Minahu AlSaniyah? 2. Bagaimana penanaman nilai-nilai Tasawuf dengan melakukan waro’ bagi lansia melalui Pengajian Kitab Al-Minahu Al-Saniyah? 3. Bagaimana penanaman nilai-nilai Tasawuf dengan memperbanyak dzikir dan tafakkur bagi lansia melalui Pengajian Kitab Al-Minahu Al-Saniyah? 4. Bagaimana penanaman nilai-nilai Tasawuf dengan melestarikan shalat sunnah dan puasa sunnah bagi lansia melalui Pengajian Kitab Al-Minahu Al-Saniyah? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Tasawuf dengan melakukan Mujahadah bagi lanjut usia melalui pengajian kitab Al-Minahu Al-Saniyah 2. Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Tasawuf dengan melakukan waro’ bagi lanjut usia melalui pengajian kitab Minahu Al-Saniyah 3. Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Tasawuf dengan memperbanyak Dzikir dan Tafakkur bagi lanjut usia melalui pengajian kitab AlMinahu Al-Saniyah 4. Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Tasawuf dengan melestarikan shalat sunnah dan puasa sunnah bagi lanjut usia melalui pengajian kitab Al-Minahu Al-Saniyah Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model interaktif Milles and Hubberman dan validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu pengajian kitab Al-Minahu Al-Saniyah merupakan praktik dari pendidikan Islam yang mana pengajian ini juga berupaya untuk dapat mentransfer nilai-nilai Islam yakni yang berada dalam kitab AlMinahu Al-Saniyah kepada para lanjut usia. Yang bertujuan agar para lanjut usia dapat memahami serta dapat mengamalkan ilmu yang ia peroleh. Sehingga dapat berguna untuk dirinya di dunia maupun di akhirat. Sekaligus untuk mewujudkan pendidikan sepanjang hayat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:29
Last Modified: 24 Mar 2023 08:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20962

Actions (login required)

View Item View Item