Muzainatun, Ms. (2015) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Memahami Tajwid di Madrasah Diniyah Darus Salam Wringin Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ms. MUZAINATUN_084 101 005.pdf Download (1MB) |
Abstract
Madrasah Diniyah Darus Salam merupakan lembaga non formal yang cukup berhasil dalam pembelajaran tajwidnya, salah satu tingkat keberhasilannya yaitu dengan menjuarai lomba tartil juara I dan mempunyai misi salah satunya dapat mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu diperlukan adanya pendidikan, baik itu formal maupun non formal. Dari latar belakang diatas, sub pokok masalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami tajwid di Madrasah Diniyah Darus Salam Wringin Bondowoso Tahun pelajaran 2014/2015?2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang di lakukan guru dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami tajwid di Madrasah Diniyah Darus Salam Wringin Bondowoso Tahun pelajaran 2014/2015? 3) Bagaimana evaluasi yang di lakukan guru dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami tajwid di Madrasah Diniyah Darus Salam Wringin Bondowoso Tahun pelajaran 2014/2015 Dan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami tajwid di Madrasah Diniyah Darus Salam Wringin Bondowoso Tahun pelajaran 2014/2015 Metodologi dalam penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Kesimpulan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami Tajwid di Madrasah Diniyah Darus Salam Wringin Bondowoso Tahun pelajaran 2014/2015 yaitu dengan melakukan 1) Perencanaan yaitu dengan RPP meskipun Madrasah Diniyah Darus Salam bukan lembaga formal sekalipun RPP yang digunakan tidak terlalu formal, dengan tujuan agar memudahkan siswa beajar. 2) Pelaksanaan yaitu dengan materi yang sesuai dengan pelajaran yang berada disekolah-sekolah formal, metode yang digunakan sudah cukup berhasil dan juga didukung dengan adanya strategi yang dibuat oleh guru. 3) Evaluasi yang digunakan evaluasi formatif dan sumatif, yang mana evaluasi formatif yaitu jenis evaluasi yang disajikan ditengah program pengajaran, Evaluasi sumatif, yaitu: jenis evaluasi yang diberikan pada akhir tahun ajaran atau akhir suatu jenjang pendidikan, yaitu dikenal dengan istilah semester.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 06:50 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 06:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20969 |
Actions (login required)
View Item |