Azizah, Riska Maya (2015) Relevansi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Novel Edensor Karya Andrea Hirata dengan Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Riska Maya Azizah_084 101 051.pdf Download (799kB) |
Abstract
Terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan masyarakat yang berupa tindakan kekerasan dan penyimpangan yang dilakukan oleh oknum pendidik, berupa perbuatan asusila kepada peserta didik. Maka dari itu penanaman nilai-nilai akhlak harus dimulai dari usia dini, karena penanaman nilai akhlak kepada seseorang tidak bisa secara instan, namun perlu waktu dan proses. Fokus kajian yang diteliti dalam penelitian ini adalah. Bagaimana relevansi nilai-nilai akhlak dalam novel Edensor karya Andrea Hirata dengan Pendidikan agama Islam? Dan dalam sub focus kajian diarahkan kepada : (1) Bagaimana relevansi nilai-nilai akhlak terhadap diri sendiri dalam novel Edensor karya Andrea Hirata dengan Pendidikan agama Islam? (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai akhlak terhadap keluarga dalam novel Edensor karya Andrea Hirata dengan Pendidikan agama Islam? (3) Bagaimana relevansi nilai-nilai akhlak terhadap masyarakat dalam novel Edensor karya Andrea Hirata dengan Pendidikan agama Islam? Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan relevansi nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam novel Edensor karya Andrea Hirata dengan pendidikan agama Islam. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini(1) Untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai akhlak terhadap diri sendiri yang terkandung dalam novel Edensor karya Andrea Hirata dengan pendidikan agama Islam, (2) Untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai akhlak terhadap orang tua yang terkandung dalam novel Edensor karya Andrea Hirata dengan pendidikan agama Islam, (3) Untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai akhlak terhadap masyarakat yang terkandung dalam novel Edensor karya Andrea Hirata dengan pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (Content Analisys). Dalam hal ini peneliti akan mengungkapkan tentang isi atau nilai-nilai akhlak terhadap sesama manusia dalam novel Edensor karya Andrea Hirata kemudian menafsirkan relevansinya dengan Pendidikan agama Islam. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : Nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam novel “ Edensor” diantaranya adalah (1) Nilai-nilai akhlak terhadap diri sendiri (Sabar, Ikhlas, Cinta Ilmu, Rendah Hati, Optimis, Kejujuran, Kemandirian) , (2) Nilai-nilai akhlak terhadap keluarga (Kasih Sayang Kepada OrangTua), (3) Nilai-nilai akhlak terhadap masyarakat (Saling Tolong Menolong, Mengucap Salam, Menghormati Tamu, Menjalin Persahabatan). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai akhlak yang dapat dijadikan sebagai penjabaran dari nilai-nilai Islami yang terdapat pada nash dan sebagai media dalam penyampaian materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 06:51 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 06:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20992 |
Actions (login required)
View Item |