Fahmi, Robith (2018) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Assidiqi Curahlele Balung Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Robith Fahmi_0849114033.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru. Implementasi disentralisasi pendidikan menuntut kepala sekolah dan pengawas menunjukkan profesionalitasnya, mereka dituntut untuk mengembangkan sekolah yang efektif dan produktif dengan penuh kemandirian dan akuntabilitas. Sukses tidaknya pendidikan dan pembelajaran disekolah sangat dipengaruhi oleh kemampuan kepala sekolah dalam mengelola setiap komponen sekolah. kemampuan kepala sekolah tersebut terutama berkaitan dengan pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap manajemen dan kepemimpinan serta tugas yang dibebankan kepadanya. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Ash-Shiddiqi Curahlele Balung Jember? (2) Bagaimana pengelolahan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Ash-Shiddiqi Curahlele Balung Jember? (3) Bagaimana evaluasi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Ash-Shiddiqi Curahlele Balung Jember?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMP Ash-Shiddiqi Curahlele Balung Jember. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data interaktif yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, member check, dan diskusi teman sejawat. Adapun hasil penelitian dalam perencanaan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Ash-Shiddiqi yaitu (1) perencanaan dilakukan sebelum tahun ajaran baru dan diikuti seluruh civitas akademik berdasarkan visi dan misi sekolah dengan tujuan sebagai pedoman kegiatan satu tahun ke depannya. (2) Terbagi menjadi tiga program yaitu program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. (3) Perpedaan pendapat setiap guru dan kepala sekolah menjadi penengah sekaligus pembuat keputusan. Terbatasnya sarana dan prasarana dan diperlukan sebuah pembangunan gedung perpustakaan sebagai solusinya. Pengelolahan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru yaitu (1) Pelaksanaan program terbagi menjadi tiga tahap yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka pendek. (2) Kepala sekolah menggunakan komunikasi formal dan nonformal baik tertulis dan lisan. (3) Strategi yang digunakan yaitu dengan memotivasi, pemberian reward and punishment, dan menjaga komunikasi dengan baik. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id v Ada dua evaluasi untuk meningkatkan profesionalisme guru yaitu (1) Dilaksanakan evaluasi setiap sebulan sekali dalam rapat dewan guru, rapat awal semester, rapat pertengahan semester, rapat akhir semsester, guru IPA yang mengikuti MGMP, dan 2 bulan sekali dalam kegiatan anjangsana antar guru. (2) Tindak lanjut dari hasil evaluasi di SMP Asshiddiqi belum terlaksana secara maksimal karena kurangnya kesadaran antar guru untuk saling mengingatkan tentang hasil evaluasi pada awal perencanaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 06:52 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 06:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20998 |
Actions (login required)
View Item |