Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Smp Negeri 2 Jember.

Maghfiroh, Khurin (2018) Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Smp Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khurin Maghfiroh_084141270.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kualitas kehidupan suatu bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan keberhasilan pendidikan tidak lepas dari peran seorang guru. Sebagai pengajar atau pendidikan, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan. Proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa sebagian besar ditentukan oleh peranan dan kompetensi guru. Itulah sebabnya setiap adanya inovasi pendidikan, khususnya dalam kurikulum dan peningkatan sumberdaya manusia yang berhasil dari upaya pendidikan selalu bermuara pada faktor guru, guru dituntut memiliki multi peran sehingga mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif. Terdapat berbagai macam metode atau strategi pembelajaran yang dapat digunakan, salah satunya adalah startegi pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw. Metode pembelajaran jigsaw adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggungjawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Bebagai hasil penelitian menyimpulkan manfaat pembelajaran jigsaw tidak hanya menghasilkan prestasi akademik yang lebih tinggi untuk seluruh siswa, namun juga meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan untuk melakukan hubungan sosial serta mampu mengembangkan saling kepercayaan sesamanya baik secara individu maupun kelompok dan kemampuan saling membantu dan bekerja sama antara teman. SMP Negeri 2 Jember, karena lembaga pendidikan tersebut selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya, setiap guru di lembaga tersebut dituntut untuk selalu berinovasi dalam kegiatan pembelajaran termasuk didalamnya adalah memilih strategi pembelajaran yang mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan observasi peneliti, tenaga pendidikan di SMP Negeri 2 Jember telah menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif khususnya metode jigsaw dalam upaya mengaktifkan siswa-siswanya dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat lebih dicapai secara optimal. Peneliti ini difokuskan pada masalah: a) bagaimana perencanaan strategi Kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Jember? b) bagaimana pelaksanaan strategi Kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Jember? c) bagaimana evaluasi strategi Kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Jember? tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi Kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Jember. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan informan menggunakan purposive dan untuk mengukur keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan, pada tahap perencanaan strategi pembelajaran kooperatif metode jigsaw pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Jember, guru menyiapkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari rencana program pembelajaran, buku paket, soal tes formatif dan alatalat pembelajaran yang mendukung. Pelaksanaan strategi Kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Jember berjalan dengan efektif, dan siswa antusias mengikuti proses pembelajaran. Evaluasi strategi Kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Jember Kata Kunci: Kooperatif, Jigsaw

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:53
Last Modified: 27 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21008

Actions (login required)

View Item View Item