Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Kecemasaan Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa IAIN Jember Tahun Akademik 2015/2016

Himmah, Siti Faridatul (2015) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Kecemasaan Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa IAIN Jember Tahun Akademik 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI FARIDATUL HIMMAH_084 111 100.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kecemasan merupakan respon emosional terhadap penilaian sesuatu yang berbahaya, berkaitan dengan perasaan tidak pasti dan tidak percaya, rasa khawatir, takut dan tegang yang diiringi oleh perubahan atau reaksi psikologis dan fisiologis. Sehingga diperlukan kemampuan untuk menghadapi dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan penggunaan dan pengelolaan emosi secara cerdas sebagai pemandu perilaku dan pemikiran kita yang disebut dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional yang meliputi mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan dengan orang lain. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini 1) Bagaimana gambaran tingkat kecerdasan emosional mahasiswa yang mengerjakan skripsi pada Mahasiswa IAIN Jember Tahun Akademik 2015/2016? 2) Bagaimana gambaran tingkat kecemasan mahasiswa yang mengerjakan skripsi pada Mahasiswa IAIN Jember Tahun Akademik 2015/2016? 3) Adakah hubungan anatara kecerdasan emosional dengan tingkat kecemasan mahasiswa yang mengerjakan skripsi pada Mahasiswa IAIN Jember Tahun Akademik 2015/2016. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa yang mengerjakan skripsi pada Mahasiswa IAIN Jember Tahun Akademik 2015/2016, 2) Untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan mahasiswa yang mengerjakan skripsi pada Mahasiswa IAIN Jember Tahun Akademik 2015/2016, 3) Untuk mengetahui adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan tingkat kecemasan mahasiswa yang mengerjakan skripsi pada Mahasiswa IAIN Jember Tahun Akademik 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengerjakan skripsi fakultas FTIK, Syari’ah dan Dakwah. Jumlah sampel 139 mahasiswa. Dalam menentukan sampel tersebut peneliti menggunakan teknik stratified proporsional random sampling. Teknik dan istrumen pengumpulan data menggunakan observasi, angket, interview dan dokumenter. Sedangkan analisis datanya menggunakan dua analisis, yaitu: 1) Analisis deskriptif dengan menggunakan rumus prosentase, 2) Analisis korelasional dengan rumus product moment. Penelitian ini memperoleh kesimpulan, yaitu 1) Tingakat kecerdasan emosional mahasiswa yang mengerjakan skripsi pada mahasiswa IAIN Jember Tahun Akademik 2015/2016 termasuk dalam kategori Tinggi (97,84%), kategori sedang (2,16%) dan kategori rendah tidak ada (0%), 2) Tingkat kecemasan mahasiswa yang mengerjakan skripsi pada mahasiswa IAIN Jember Tahun Akademik 2015/2016 termasuk dalam kategori Ringan (10,79%), kategori Sedang (87,05%) dan kategori Berat (2,16%), 3) Terdapat hubungan positif yang rendah digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id antara kecerdasan emosional dengan tingkat kecemasan mahasiswa yang mengerjakan skripsi pada mahasiswa IAIN Jember Tahun Akademik 2015/2016. Hal ini bedasarkan rhitung yang diperoleh = 0,243, sedangkan rtabel pada taraf signifikasi 5% dan db=137, dikarenakan tidak diperoleh db sebesar 137 dalam tabel “r” product moment, maka digunakan db yang terdekat sebesar 150, yaitu 0,159. Jadi rhitung > rtabe

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:53
Last Modified: 27 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21012

Actions (login required)

View Item View Item