Abror, M. Khofil (2018) “Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Dasar Negeri Jember Kidul 02 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
M. Khofil Abror_084 111 165.pdf Download (13MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT yang dijadikan pedoman hidup kaum muslimin yang tidak ada lagi keraguan di dalamnya. Namun, realita yang terjadi banyak generasi muslim yang tidak mengenal Al-Qur’an, hebat dalam bidang keilmuan akan tetapi tidak memahami terlebih membaca dasar keilmuan Islam yaitu Al-Qur’an. Karena itu, peran lembaga pendidikan sangat penting dalam memberikan wadah untuk mempelajari Al-Qur’an. Program membaca dan menulis Al-Quran dapat dijadikan solusi dan terobosan baru dalam meningkatkan kualitas dunia pendidikan. Fokus masalah yang ditekiti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi program pengajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Sorogan di SDN Jember kidul 02 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?; 2) Bagaimana implementasi program pengajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Drill di SDN Jember kidul 02 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan bagaimana implementasi program pengajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Sorogan di SDN Jember kidul 02 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, dan 2) Mendeskripsikan Bagaimana implementasi program pengajaran baca tulis AlQur’an dengan metode Drill di SDN Jember kidul 02 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Adapun temuan penelitian ini yaitu: 1) Teknis pelaksanaan pengajaran BTA dengan metode Sorogan, yakni diawal pelajaran guru mengulang kembali materi yang diajarkan kemarin, siswa secara bersama membaca bacaan surat pendek; Kemudian siswa satu persatu maju untuk membacakan surat pendek dihadapan guru; disamping itu guru melakukan monitoring setiap bacaan siswa. disamping menunggu giliran siswa yang lebih lancar mengajari temanya yang belum lancar, dengan cara membaca ayat per ayat dan diteruskan secara bergiliran sampai satu surat selesai; 2) Teknis pelaksanaan pengajaran BTA dengan metode drill yakni, a) Salam dari guru, berdoa bersama; b) Membaca secara bersama untuk penyeragaman bacaan dan penekanan materi; c) Membaca secara hafalan atau melihat bacaan (binnadzor) berulang-ulang, di depan kelas; d) Guru benar-benar memperhatikan bacaan siswa, apabila masih ada kesalahan ditandai untuk dibetulkan, kemudian diberikan komentar sekaligus prestasinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 06:53 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 06:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21017 |
Actions (login required)
View Item |